CAKE POTONG HIAS SEDERHANA

Posted by


Bismillah ...
Hai semua, pa kabar hari ini ... ? maaf ya beberapa hari ga posting disini karena emang lagi ga bikin-bikin .. (males atau gimana nih ya Viii.. ? ntahlah hihiii)
Baiklah kali ini aku membuat cake potong, ini buat kalian yang beberapa kali tanya resep cake potong yang irit tapi lembut ... hwohohoo ada ya cake dengan bahan irit tapi enak dan lembut hihii

Sebenarnya resep cake potong ini sama dengan resep yang pernah aku bikin beberapa waktu lalu hanya saja diresep ini aku tidak menambahkan minyak goreng dan cara bikinnya ... kalo yang dulu menggunakan all in one methode sedangkan yang ini aku menggunakan cara sponge cake pada umunnya. Langsung cuz  resep aja yaa

CAKE POTONG HIAS

Bahan : 4 butir Telur 100 gr Gula pasir 1/2 sdt Emulsifier (aku pake QUICK) 100 gr Tepung terigu (aku pake segitiga) 1 sdm Susu bubuk 1 sdm Maizena 1/2 sdt Vanilla bubuk 75 gr Margarin, cairkan buttercream secukupnya mesem secukupnya

Cara membuatm :

1. Siapkan loyang ukuran 22x22cm, alas kertas roti dan oles margarin, Sisihkan. Ayak bahan kering, tepung terigu, susu bubuk, maizena dan vanilli bubuk. Sisihkan.

2. Pertama mikser telur, gula pasir dan cake emulsifer hingga kental berjejak, kemudian tambahkan bahan kering, mikser dengan dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Matikan mikser, terakhir tambahkan margarin atau butter yang sudah dicairkan. Aduk balik hingga tercampur rata. 

3. Tuang ke loyang, ratakan. Kemudian hentakkan untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada didalam adonan. Selanjutnya panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit saja. 

4. Setelah cake matang dinginkan, selanjutnya hias sesuai selera. 




Yang kesekian kalinya aku ingatkan yaa... sebelum membuat cake pastikan semua bahan dalam kondisi bagus, untuk menghindari sponge cake bantat ... pastikan mengocok adonan hingga kental berjejak, ciri-ciri adonan yang sudah kental berjejak adalah warnanya sudah pucat, kental, meninggalkan jejak yang jelas dan ketika kaki mikser diangkat adonan akan turun perlahan. Apa bisa ditentukan dengan waktu ? kalo menurutku ga bisa karena kemampuan setiap mikser berbeda-beda jadi harus pake perasaan ( seperti rasaku padamu, cieee). Satu lagi kenapa adonan sponge cake turun ketika keluar dari oven ... sependek yang aku tau cake yang turun ketika keluar dari oven dikarenakan komposisi bahan cair lebih banyak daripada bahan keringnya, yang sering terjadi biasanya telurnya yang kegedean, jadi saranku gunakan telur ukuran standart aja, jangan yang terlalu gedeee.
Dan satu lagi... jika ingin membuat cake dengan pori yang halus gunakan all in one methode
Okey... semoga resep ini bermanfaat


untuk step by step nya silahkan kepoin disini yaa, jangan lupa subscribe, like, comment dan share
https://youtu.be/DeHEXrLkCsM



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 08:47:00

0 komentar:

Post a Comment

.