PASTEL ISI RAGOUT, resep pastel enak cocok untuk bakulan

Posted by



Bismillah ...
Assalamualaikum , hai semua ...
Hari ke 17 dibulan Agustus, tepat 76 tahun Indosesia merdeka ... harapanku hanya satu Indonesia selalu Indah dan pandemi segera berlalu.
Bagaimana dengan perayaan 17an ditempat kalian rek ? kalo ditempat ku sepi-sepi aja, yang biasanya ada lomba-lomba dari anak-anak, ibu-ibu hingga bapak-bapak... kali ini hanya bapak-bapaknya aja yang lomba pingpong lainnya ga ada, tapi malam 17an masih dirayakan dengan tumpengan, hanya per dawis aja siih ga banyak orang biar ga berpotensi berkerumun hehe.
Untuk tumpengnya kami bikinnya rame-rame... dengan bikin pelengkap tumpeng kemudian dijadikan satu dirumah Ibu Ketua Dawis. Seteryi biasa aku bikin kue aja hihii yaitu pastel dan cake. 
Pastelnya aku share disini ya. Pastel ini pas banget untuk bakulan. Buat isian snack box, suguhan arisan atau kue tampah juga bisa.

PASTEL ISI RAGOUT
40 buah pastel

Bahan untuk kulit 
500gr Tepung terigu (aku pake segitiga biru)
100gr margarin
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
180 cc air (kurang lebih)

Bahan isi :
300gr wortel, potong dadu
200gr daging ayam bagian dada (rebus dan potong-potong)
2 sdm tepung terigu
4 siung bawang putih (haluskan)
2 tangkai daun bawang
2 tangkai seledri
1 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt garam
sedikit pala 
1 sdm gula pasir (kurang lebih)
1 sachet susu kental manis putih
2 sdm minyak goreng untuk menumis
100-150 cc air

minyak goreng untuk menggoreng secukupnya
telur rebus secukupnya

Cara membuat :

1. Yang pertama membuat isiannya. Tumis bawang putih dan daun bawang hingga wangi, kemudian tambahkan tepung terigu aduk rata. Selanjutnya tambahkan semua bahan yang lain, aduk rata dan masak hingga mengental. Sisihkan.

2. Membuat adonan kulitnya. Campur tepung, garam, kaldu bubuk dan margarain, tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis. Bungkus adonan dengan palstik kemudian diamkan selama 10 menit. Selanjutnya tipiskan adonan (aku menggunakan pasta maker, dari no 1 terakhir no 5) potong adonan dengan diameter 10cm, isi dengan ragout secukupnya dan tambahkan potongan telur rebus. Oles bagian pinggirnya dengan putih telur kemudian ditekan-tekan dan rapatkan (silahkan jika ingin dipilin). Lakukan hingga adonan habis

3. Panaskan minyak goreng, goreng pastel hingga matang. Siap dihidangkan.


- jika kalian tidak suka menggunakan pala silahkan diskip, tapi kalo aku lebih suka isian pastel yang ada aroma palanya, aku biasanya menggunakan pala utuh yang aku parut dengan parutan keju.

- rasa ragout ini cenderung manis, jadi pas banget dipadukan dengan pastelnya yang gurih tapi kembali ke selera masing-masing ya, jika kalian suka yang ga terlalu manis kurangi aja pemakaian gulanya.

- jika tidak ada pasta maker kalian bisa juga menggunakan rolling pin, untuk memudahkan bagi adonan masing-masing seukuran kue yang diinginkan.








 

Aku rasa ga ada yang sulit dalam pembuatan kue pastel ini, semoga resep ini bermanfaat

Salam manis dari jajane vivi ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 11:35:00

0 komentar:

Post a Comment

.