CARA MUDAH MEMBUAT LEMPER GORENG ISI AYAM

Posted by



Bismillah ..
Hai hai ... pa kabar hari ini ? aku harap kalian semua selalu dalam lindunganNya yaa, tetep jaga kesehatan dan tetep semangat di masa PPKM ini.
Udah gitu aja hehee... dan kali ini aku akan berbagi cara membuat lemper goreng isi ayam... kenapa digoreng ? karena yang dibungkus daun udah sering bikin dan lagi ga punya daun juga hihii. 
Sejatinya membuat lemper itu mudah banget jadi buat yang blom pernah  bikin jangan pernah takut gagal yaa, hanya aja pekerjaannya agak ribet karena banyak yang harus dikerjakan. Mulai membuat isiannya, mengolah beras ketannya, membungkus dan yang terakhir proses pematangan, tapi ada juga lemper yang terakhirnya tanpa dimatangkan lagi.
Oiya .. untuk pemakaian santannya... masing-masing ketan beda-beda tingkat kepunelannya jadi pemakaian santannya disesuaikan sama ketannya aja ya.


LEMPER GORENG ISI AYAM
14 buah
bahan 1 : 250 gr beras ketan (rendam 2 jam) 1 sdt garam 1 lembar daun pandan 150 - 175 cc santan bahan 2 : 200 gr daging ayam tanpa tulang (rebus kemudian potong-potong kecil) 100 cc santan 1 lembar daun salam 1 lembar daun jeruk 1 tangkai sere (memarkan) 1/2 sdt ketumbar 1/4 sdt lada bubuk 1/4 sdt garam 1 sdm gula pasir 1 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus : 5 butir bawang merah 2 siung bawang putih 2 butir kemiri (disangrai dulu) 1 butir telur tepung roti secukupnya
minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :

1. Membuat isiannya dulu ya. Tumis bumbu halus, ketumbar, lada, sere, daun jeruk dan daun salam hingga wangi. Tambahkan daging ayam dan santan, masak hingga santan meresap. Terakhir masukkan garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Aduk rata, kemudian angkat jika dirasa sudah cukup kering. Sishkan.

2. Kukus beras ketan dan daun pandan selama 10 menit. Selama mengukus didihkan santan yang akan digunakan untuk aron. Setelah beras ketan dikukus selama 10 menit masukkan kedalam santan panas, tambahkan garam... aduk hingga santan meresap. Selanjutnya kukus kembali selama 30 menit.

3. Setelah 30 menit angkat ketan kemudian biarkan hangat. Selanjutnya, ambil ketan kurang lebih 45gr atau menurut selera, pipihkan dan tambahkan isian, kemudian rapikan dan padatkan. Lakukan hingga habis.

4. Celupkan lemper kedalam telur yang sudah dikocok lepas, kemudian gulingkan ke tepung panir. Lakukan hingga habis.

5. Siapkan minyak goreng secukupnya, goreng lemper hingga kecoklatan.

* pemakaian santan tergantung jenis beras ketannya ya, jadi bisa kurang atau lebih.
* untuk rasa isiannya menurut selera masing-masing, kalau aku siih suka isian lemper yang manis


 

Ga sulit kan cara membuat nya ? ayo bikiiiiiinn hihii
Oiya ... untuk ukurannya sesuai selera aja, klo aku ukuran segitu udah pas banget ... untuk suguhan ga kegedean dan untuk snack box juga ga malu-maluin hehe.. dan isiannya juga pas banget, ga ada sisa.
Okeeyy.. semoga resep ini bermanfaat, selamat mencobaaa
Daaan selamat beraktifitas Rabo ya Moms ^^

Step by stepnya silahkan kli disini ya, jangan lupa LIKE COMMENT SHARE DAN SUBSCRIBE, makasiiih

https://youtu.be/TJ9-Rh8ICGM


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 07:45:00

0 komentar:

Post a Comment

.