CAKE PISANG, EMPUK LEMBUT TANPA MIKSER

Posted by

 


Bismillah ...
Hai semua, apa kabar malam ini ? udah pada makan malam kan ya ... 
Besok udah weekend lagi lhoo... aahh begitu cepatnya waktu berlalu tiba-tiba udah hari Sabtu lagi. Ada rencana kah untuk weekend besok ? kalo aku siih karena masih PPKM jadi aku ga kemana-mana hihii
Mungkin besok aku bikin kue, as usual ya hihii... kalian yang ga kemana-mana ikut aku aja ya... bikin kue hihii

Dan kali ini aku membuat cake pisang, nih yang kemarin tanya-tanya tentang pemakaian baking powder dan soda kue, nah kali ini aku membuat cake yang tanpa emulsifier tapi menggunakan baking powder dan soda kue. 
Cerita dikit nih tentang pisang yang aku pake dikue ini. Jadi beberapa hari yang lalu ada penjual pisang yang lewat depan rumah. Karena dia bilang jual pisang kayu ... langsung tertarik lah aku secara selama disini aku blom pernah beli pisang kayu. Singkat cerita niih, separuh pisangnya aku rebus karena udah kebayang mam pisang kayu rebus.. wow enak banget pasti .... daaan apa yang terjadi, bener-bener diluar dugaan, pisangnya seppeeet banget hihii akhirnyaaa.. dengan berat hati pisang rebusnya aku buang hemm ... dan sisa separuhnya yang masih mentah aku letakkan aja dimeja dapur. Beberapa hari kemudian kulit pisangnya udah kuning kecoklatan, penasaran sama rasanya diincipi lagi... ehh manis lhoo. Dan dibikin cake pun rasanya enak banget dan cakenya tuh gelap khas cake pisang walopun tanpa gula palem ... sayangnya aku ga tau nama pisangnya hihii

CAKE PISANG

Bahan :
150 gr pisang yang udah mateeeng banget
1 butir telur
50 gr gula pasir
50 cc susu cair fullcream
40 gr margarin/butter, lelehkan
130gr tepung terigu (aku pake segitiga biru)
1/2sdt baking powder
1/2sdt soda kue
1/2 sdt vanilli bubuk
50 gr chocochips

Cara membuat :
1. Hancurkan pisang, jangan terlalu halus ya kemudian tambahkan telur, gula, susu cair dan margarin leleh. Aduk rata, sisihkan.

2. Ayak tepung terigu, baking powder, baking soda dan vanilli bubuk. Selanjutnya tuang campuran pisang ke dalam tepung, aduk-aduk.. asal rata aja jangan over mix terakhir masukkan chocochip, aduk rata.

3. Siapkan loyang ukuran 20x10, alas kertas roti dan oles rata margarin. Tuang adonan kedalam loyang, ratakan. Tambahkan topping potongan pisang diatasnya.

4. Panggang selama kurang lebih 45 menit dengan suhu 180 derajat celcius 

5. Setelah matang, dinginkan kue terlebih dahulu sebelum dipotong-potong.

* panaskan oven 10-15 menit sebelum cake dipanggang.



Cake ini mudah banget bikinnya, pas buat kalian yang males pegang mikser. Cukup diaduk-aduk aja jadi cake deh. Untuk pisangnya, kalian bisa menggunakan pisang ambon, cavendish atau pisang raja juga bisa ... pisang yang udah mateeeeng banget.

Okey, selamat mencoba, semoga bermanfaat dan semoga  resep ini bisa menginspirasi untuk membuat cemilan di akhir minggu besok.
Happy baking Moms ^^

https://youtu.be/Z1-gDWzKrw4



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 19:54:00

0 komentar:

Post a Comment

.