ZEBRA CAKE KUKUS PUTIH TELUR

Posted by


Bismillah ...

Apa kabar semua ? hari ke 3 di tahun 2020, semoga akan menjadi lebih baik dari taun kemarin, aamiin. Udah melewati libur sekolah, juga udah melewati libur taun baru. Liburan kemana nih ? kalo aku dirumah aja, secara liburnya ga barengan jadi pada mals-malesan mo jalan-jalan, terutama adek tuh yang liburan pertamanya tanpa ada kakak... bawaanya mager terus, karena biasanya liburnya barengan jadi kemana-mana bareng... sekarang ga bareng hehe.. 
Tapi buatku liburan tuh berkesan banget karena anak-anakku pulang, ketemu mereka tiap hari itu menyenangkan, bikin sesuatu yang mereka suka itu membahagiakan walo resikonya timbangan akan bertambah digitnya (huhuu yang ini aku ga suka, hikz)

Dan sekarang aku bikin apa yaa... ceritanya banyak putih telur dikulkasku, ketika bikin kue yang hanya butuh kuning telur maka putih telurnya masuk kulkas. Kalo tak ingat-ingat selama aku bisa bikin kue aku baru 2 kali bikin cake putih telur, balu gulung (ada disini) dan cake rempah klo ga salah (ga kepoto)... dan selebihnya kalo punya putih telur selalu direbus kemudian diolah menjadi masakan hihii.. kadang aku bikin sambel goreng atau oseng, biasanya aku bikinnya dicampur dengan bahan lain... tahu tempe, udang atau sayuran. Nah kali ini ... aku bikin cake kukus, pengen tau resepnya...??




ZEBRA CAKE KUKUS PUTIH TELUR

Siapkan loyang diameter 20cm, alas kertas roti dan oles rata dengan minyak goreng. Panaskan kukusan, apinya jangan terlalu besar ya. Api yang besar bisa mengakibatkan permukaan cake berkerut/keriput atau pecah.

Bahan : 

210 gt putih telur
1 sdt cake emulsifier (SP)
130 gr gula pasir
100 gr tepung terigu (segitiga)
40 gr maizena
100 gr susu kental manis
150 cc minyak goreng

Pasta atau pewarna makanan  secukupnya

Cara membuat :

1. Kocok putih telur, gula dan SP hingga kental berjejak. Kecilkan kecepatan mikser, tambahkan bahan kering sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata. Terakhir tambahkan minyak goreng dan susu kental manis, aduk rata.

2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Tambahkan pewarna atau pasta sesuai selera. Siapkan loyangnya. Tuang 3 sdm untuk masing-masing adonan ke dalam loyang dititik yang sama. Lakukan hingga adonan habis.

3. Kukus selama 30 menit atau hingga matang.

4. Biarkan dingin sebelum dipotong-potong.



Dann tarraaa... begini hasilnya, cantik kaaaann ?? dan lembut banget. kayak bukan dari putih telur deh, asli lembut... sukaaaa, tapi mam nya dikit aja, ingat timbangan badan, huhuuu syediihh, hihiii
Ini rekomended banget untuk dicoba jika kalian punya putih telur berlebih dirumah. 
Akhirnya segini aja dulu, disini mendung banget dari pagi... enaknya rebahan nih hihii 
Semoga menginspirasi, Salam Cake Kukus ^^

Oiya step by step nya kepoin videonya dibawah ini yaa.. jangan lupa subscribe nya ditunggu ^^



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 12:12:00

2 komentar:

.