BAKPAO ISI KACANG

Posted by


Bismillah ...

Hallo Desember ... ga terasa udah dipenghujung aja nih, hemm ... 
Bakpao...bakpao... ada isi kacang ijo, isi kacang tanah, isi ayam... tapi aku pengennya milih yang isi duit aja, ada ga kira-kira ya ? hehee...
Pada dasarnya aku adalah penggemar segala macam kue, dari yang dikukus, yang digoreng ato pun yang di panggang. Bakpao nih salah satunya... aku suka tapi jarang bikin, kadang tuh sampee pengeeeeng banget maem bakpao.. akhirnya ya beli yang dipinngir-pinggir jalan tuh, hehee ... dimaem anget-anget gitu, rasanya enaaaak banget. Tapi klo bisa bikin sendiri akan jauh lebih enak hehee... ukuran disesuaikan karena biasanya yang dijual-jual ukurannya gede-gede, isiannya juga suka-suka kita... mo diisi banyak ato sedkit, pasti banyak doong D).... yang paling aku suka adalah bakpao isi kacang.
Dan ini yang kesekian kalinya aku bikin bakpao, dulu pernah bikin juga tak isi kacang klo ga salah tak campur meses deh, kacangnya ga basah jadi masih mawur-mawur gitu. Dan yang kali ini aku bikin yang kacangnya basah-basah gitu kayak yang dijual-jual.

BAKPAO ISI KACANG 

Bahan :
250 gr Tepung terigu (aku pake segitiga)
25 gr Gula pasir
1 sdt Fermipan
1/4 sdt Baking powder
125 cc Air es
25 gr Mentega putih

Bahan untuk isian :
100gr Kacang tanah (tanpa kulit)
3 sdm Gula pasir
3 sdm Air
1/2 sdm Margarin

Cara membuat :
1. Isiannya : sangrai kacang tanah hingga matang, kemudian haluskan (jangan terlalu halus ya). Selanjutnya rebus air hingga mendidih, tambahkan gulanya. Biarkan hingga gula larut. Tambahkan kacangnya, aduk rata hingga mengental, matikan api. Terakhir tambahkan margarinnya, aduk rata. Biarkan dingin. Jika sudah dingin bagi menjadi bulatan-bulatan kecil (kurang lebih 10gr).

2. Adonan kulitnya : campurkan tepung terigu, fermipan, gula dan baking powder, aduk rata. Kemudian tambahkan air es, uleni hingga kalis. Terakhir tambahkan mentega putih, uleni lagi hingga elastis.

3. Bulatkan adonan, kemudian fermentasikan. Setelah adonan mengembang dua kali lipat, kempeskan adonan kemudian uleni sebentar aja dan bagi adonan sesuai selera. Bulatkan adonan, fermentasikan lagi. 

4. Adonan yang sudah mengembang selajutnya diisi dengan isian kacang tadi. Setelah semua adonan terisi, istirahatkan lagi tapi jangan lama-lama ya, pokoknya jangan terlalu over fermentasi.

5. Kukus bakpao selama kurang lebih 10 menit, kukusan udah dipanaskan terlebih dahulu tapi apinya jangan terlalu besar.

# proses fermentasi tergantung suhu ruang masing-masing
# Kukusan yang terlalu panas dan terlalu lama mengukus akan membuat permukaan bakpao keriput.
# Terlalu lama fermentasi ketika bakpao akan dikukus juga akan membuat kulit bakpao keriput.





Satu resep diatas jadi 12 bakpao dan untuk isiannya aku timbang kurang lebih 10gr, pas juga untuk satu resep bakpao diatas. Sebenarnya ini resep dikasih Mbak Ayu (makasih ya mbak.. ^^)  ini bener-bener resep untuk bakulan jadi resep asli menggunakan tepung terigu sekilo... karena aku bikin hanya untuk ukuran rumahan jadi yaa.. aku bagi 4 aja hihii.. bikin yuk ^^
Semoga bermanfaat buat semuwahnya ... 

Untuk lebih jelasnya simak step by stepnya  dibawah ini yaa



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 16:41:00

0 komentar:

Post a Comment

.