TAHU UDANG BALADO

Posted by


Bismillah ...

Selamat siaaang, udah pada makan siang kan ? Pasti udah doong yaa, ato sekarang malah lagi leyeh-leyeh setelah makan siang.. karena jam nya enak banget nih buat bobo siang hehee.. eiiihh yang lagi kerja ga ada doong critanya jam segini lagi bobo siang hihiii..
Hmm.. besok tuh Maulid Nabi yaitu tanggal kelahiran Nabi Muhammad sesuai kesepakatan para Ulama. Ada acara apa ditempat kalian ? klo disini ntar malam ada pengajian di mushola deket rumah biasanya warga bawa nasi dan buah, ntar selesai acara pengajian nasi-nasi dan buahnya dibagi-bagi. Sepanjang Jalan Mastrp yang biasanya dipake buat jualan buah-buah makin rame dan buanyak bakul buah yang nongkrong disepanjang jalan itu menjelang Maulid Nabi, seneng liatnya, aku beli buah buat tak makan sendiri aja, hehee
Hmm... jadi ingat beberapa tahun yang lalu waktu aku masih kecil, acara Maulid Nabi selalu ditunggu-tunggu, aaahhh begitu antusias anak-anak seumuranku waktu itu... yang paling ditunggu waktu bagi-bagi buah... klo pun dapat buah tuh... buahnya kadang ga seperti yang dipikirkan... misalnya dapat jeruk kecut... tapi ya bahagia banget walopun dapat jeruk kecut dan dimakan rame-rame... hahaa .. indahnyaa ... D)
Mungkin klo anak-anak sekarang dapat jeruk kecut gitu pasti langsung dibuang deh, hmm ... 
Udah ah cerita masa lalunya segitu aja yaa... ntr kl diterusin bisa ga slese-slese, hihiii

Tahu Udang Balado, ini masakan kemarin. Hari ini aku ga masak sama sekali karena ga ada yang mau dimasakin, masfitri lagi ke Jakarta. Klo denger kata Balado pasti yang terpikir adalah masakan yang pedas. Iyaa... sependek yang aku tau balado emang identik dengan rasa pedas dan cabe. Tapi klo aku yang bikin ... tak sesuaikan dengan rasaku... yaitu dengan mengurangi cabenya. Sebenarnya aku tuh penggemar masakan pedas... tapi kadang juga males makan makanan yang pedas-pedas. Apalagi sekarang lagi batuk... diwanti-wanti ga boleh makan yang pedes-pedes dulu. Duhh...

TAHU UDANG BALADO

Bahan :
350 gr Tahu, potong-potong dan goreng
150 gr Udang
6 lbr Daun jeruk
2 lbr Daun salam
1 btg sere, geprek
1 sdm Madu
1 sdt Garam
2 sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
6 buah cabe merah besar
4 buah cabe rawit
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah tomat
2 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun jeruk, daun salam dan sere hingga wangi. Maukkan udang dan tahu, aduk rata. Selanjutnya tambahkan garam dan madu. Aduk-aduk hingga matang. 
Siap disajikan.

* ga perlu ditambah air ya.


Masakan ini cepet banget bikinnya, yang lama tuh menghaluskan bumbunya. Karena aku ingin bumbu yang masih kasar-kasar gitu jadi bumbunya aku tumbuk Naaahh... numbuknya tuh yang lama. Tapi proses masaknya cepet banget, suweerr deh. Kalo kalian penikmat masakan pedas, kalian bisa menambahkan cabenya sesuai selera kalian yaa. Buat aku sih ... itu udah pedes banget hehee

Pamit dulu yaaa, selamat siang... selamat istirahat... ayo bobo.. bobooo, tapi aku ga bobo, aku masih ada kerjaan, adonan-adonan itu masih setia menungguku, tak tinggal nulis disini malah ga slese-slese hikz...

Untuk step by step nya ceki-ceki video dibawah ini yaa, jangan lupa like, comment dan subscribe yuuhhh



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 14:44:00

0 komentar:

Post a Comment

.