SOP KACANG HIJAU DAGING KAMBING

Posted by




Bismillah ...

Akhirnya sesuatu yang aku tunggu-tunggu datang juga, yeay!! alhamdulillah... apakah itu ? hujaaaannn hihiii walopun hanya sebentar... Ya Allah bener-bener bisa menyejukkan. Semoga besok hujan lagi, aamiin..

Bentar ya aku mo crita tentang foto sop itu, ini motonya siang hari setelah selesai masak-masak. Jujur aku lebih suka cahaya matahari diwaktu pagi daripada siang hari kalo untuk poto-poto makanan. Karena aku bukan pro jadi kayak serba salah aja klo udah kesiangan gitu... ambil dari manapun kayak ga sreg aja. Mungkin bagi yang udah pro akan amat sangat mudah mengatasinya. Kayaknya harus banyak belajar lagi... bukan pengen jadi ahli tapi setidaknya bisa moto dengan hasil yang sreg dihati.

Mari memasak, hehee... ini masakan tadi siang. Kebetulan punya daging kambing dikasih ummikku waktu pulang beberapa hari yang lalu. Kepikir bikin sop kacang ijo, secara udah lama sekali ga makan sop kacang ijo ini. Dulu udah pernah masak ssih tapi ga kepoto...
Untuk kacang ijonya, aku sengaja pake kacang ijo yang masih ada kulitnya... ada juga siih yang pake kacang ijo yang tanpa kulit tapi aku lebih suka yang berkulit. Menurutku yang ga ada kulitnya tuh kalo udah mateng jadi mirip bubur gitu deh, hihii
Ini masakan yang mudah banget bikinnya.. seperti sop-sop pada umunnya ya bumbunya ga macem-macem dan cepet proses bikinnya... dan satu lagi.. ga banyak "kora-kora" ... ngerti kora-kora gaa ?

SOP KACANG HIJAU DAGING KAMBING

Bahan :
400 gr Daging kambing (rebus hingga empuk)
100 gr Kacang hijau ( rendam dulu satu jam kemudian rebus setengah matang)
800 cc Kaldu (dari air rebusan daging )
50 gr Bawang bombay (cincang kasar)
3 tangkai Daun seledri
1/4 sdt Pala bubuk
1 1/2 sdt Garam
2 sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
7 butir Bawang merah
4 siung Bawang putih
1 sdt Merica butiran
1/2 sdt Jintan
2 cm Jahe

Pelengkap : bawang putih goreng dan jeruk nipis

Cara membuat :
1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan pala bubuk hingga wangi. Tambahkan kaldu dagingnya, biarkan hingga mendidih.

2. Tambahkan kacang hijau dan daging kambingnya, masak hingga kaldu agak menyusut. Terakhir tambahkan seledri, bawang bombay cincang dan garam. Biarkan mendidih sekali lagi.

3. Hidangkan sop kacang hijau dengan taburan bawang putih goreng dan perasan jeruk nipis.

#daging kambing boleh diganti daging ayam atau daging sapi.



Ini enak banget... suka banget sama rasanya. Jika kalian ingin menambahkan gula, silahkan aja tapi kalo aku lebih suka sop yang tanpa gula... dan satu lagi, jika kalian suka rasa yang ngaldu banget dan ingin menambahkan kaldu bubuk juga dipersilahkan. Dalam hal ini aku tidak anti kaldu bubuk tapi adakalanya aku pake dan adakalanya aku ga pake hehee... tergantung mood aja hihii
Yang saat ini didaerah kalian lagi musim penghujan sepertinya sop ini pas banget untuk menghangatkan badan, hehee
Semoga bermanfaat, Cooking Mom's ^^



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 22:43:00

0 komentar:

Post a Comment

.