ONBIJTKOEK / CAKE REMPAH

Posted by



Bismillah ...

Seharian tadi males mo ngapa-ngapain padahal banyak yang harus dikerjakan. Ntah kenapa ketika kerjaan menumpuk selalu aja semangat kalo urusan mainan tepung.. kalo udah kebayang mo bikin kue selalu ilang males nya... ato yang tadinya ngeluh capek-capek jadi ilang juga capeknya. Penyakit apa ini ya namanya ? hihii ...  kira-kira diluar sana ada ga ya yang kayak aku gini ... ?? hihiii

Onbijkoek atau sering juga dinamakan Cake Rempah... sebenarnya udah berkali-kali bikin tapi yang ini beda. Ada tambahan santan diadonannya. Kalo selama ini aku selalu ga pengen nyobain cake panggang yang ada santannya.. ntah kenapa kok jadi pengen banget ya, penasaran gitu... gimana rasanya cake panggang yang ada santannya. Selama ini dipikirannku hanya cake kukus aja yang enak klo ditambah santan.

ONBIJTKOEK

Bahan :
1 kuning telur
4 telur utuh
100 gr gula palem
25 gr gula pasir
1 sdt emulsifier (sp)
125 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk fullcream
2 sdt bumbu spekuk
1 sdt kayumanis bubuk
25 gr margarin, cairkan
50 cc santan

Kenari secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 10x22cm, alas dengan kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Ayak tepung terigu, susu bubuk dan bumbu spekuk. Sisihkan.

3. Kocok telur, gula dan SP hingga mengembang dan kental berjejak.

4. Kecilkan kecepatan mikser. Tambahkan campuran tepung terigu yang sudah diayak. Aduk rata.

5. Setelah tercampur rata, matikan mikser. Terakhir tambahkan margarin yang sudah dicairkan dan santan. Aduk rata.

6. Tuang adonan ke loyang. Tabur dengan kenari. Selanjutnya panggang dengan suhu 180°C hingga matang.

# untuk santannya aku menggunakan santan instan yang ga aku tambah air.





Hasil cakenya ga terlalu manis, enak siih tapi agak padat gitu.. sepertinya karena pemakaian lemaknya yang cuma sedikit. Lebih dominan rasa rempah spekuknya daripada rasa santannya. Ini mirip cake jadul yang agak-agak berat gitu.. tapi ga nyereti lho yaa..

Okey, semoga bermanfaat... untuk lebih jelasnya intip step by stepnya di video di bawah ini ya.
Happy Baking Mom's ^^




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 20:49:00

0 komentar:

Post a Comment

.