MIE GORENG JAWA ( MIE GORENG PNGGIR JALAN )

Posted by


Bismillah ...

Seberapa suka kalian dengan yang namanya mie goreng ? bukan mie goreng instan lho ya... klo mie instan.. ntah itu yang goreng ato yang rebus ... hmm aku ga begitu suka, kalopun aku mau memasak dan memakannya aku akan cari mie instan yang rasa kaldu ayam, kemudian akan aku tambah dengan sayuran banyak-banyak, bakso/telur dadar dan cabe... hingga rasanya nyaris hambar gitu karena kebanyakan bahan campurannya, hihii begitulah... begitulaahh... ^^
Klo mie goreng yang bikin sendiri ato yang dijual-jual dipinggir jalan tuh aku sukaaaaa banget apalagi yang proses memasaknya pake arang, duuhh... rasanya beda reekk, tenan i lhoooo... aroma arangnya itu bikin tambah syedaapppp.

Dan hari iniiii, ntah kenapa tiba-tiba aku pengen bikin mie goreng jawa padahal aku lagi males maem parah, uhhh !!. Karena lagi ga punya stok mie kering tak belain siang-siang diterik panas keluar rumah hanya untuk beli mie (haiisss lebay viii)
Mie goreng jawa ? apa bedanya dengan mie goreng pada umumnya ? mungkin karena ada pemakaian kemiri pada bumbunya. Kali ini aku pengen bikin seperti yang dijual-jual dipinggir jalan, Mie Goreng Jawa ala Pinggir jalan hehee

MIE GORENG JAWA ala MIE GORENG PINGGIR JALAN

Bahan :
Sebungkus mie Burung Dara (136gr)
Segenggam sawi hijau
Segenggam sawi putih
1 btg daun bawang, potong-potong
75 gr daging ayam yang sudah direbus (suwir-suwir)
1 btr telur, kocok lepas
2 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt MSG (Royco ayam)
2 sdm Minyak goreng untuk menumis
Sedikit air

Bumbu yang dihaluskan :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri (aku goreng dulu)
6 buah cabe rawit

Pelengkap :
Bawang goreng
Acar mentimun

Cara membuat :

1. Rebus mie hingga lunak (tambahkan 1 sdm minyak goreng pada air rebusannya), tiriskan.

2. Panaskan minyak goreng, goreng telur yang sudah dikocok lepas kemudian bikin orak-arik, sisihkan. Diwajan yang sama tumis daun bawang dan bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi. Tambahkan daging ayam, aduk rata. Selanjutnya tambahkan kecap, merica dan pala bubuk, aduk rata. Tambahkan sayur-sayuran dan mie, aduk rata kembali. Tambahkan air, aduk rata. Terakhir tambahkan garam dan MSG, aduk rata kembali.

3. Hidangkan mie goreng dengan taburan bawang goreng dan acar mentimun.

# jika ingin lebih pedes cabenya boleh ditambah atooo yang ga suka pedes cabenya bisa di skip. Dan ini udah pedes banget menurutku, hikz..


Walopun bisa bikin sendiri dan sering bikin pula mie goreng ala pinggir jalan ini kadang aku suka kangen-kangen gitu pengen beli, hihii... dan pasti milihnya mie goreng bukan nasi goreng, tapi sekarang udah jarang beli karena vivi takut gemuk (hahaaii basii !!)
Dan ini rasanya udah miriiip banget sama yang dijual dipinggir-pinggir jalan itu, sengaja ditambah MSG/royco biar rasanya tambah mirip, hihii ... silahkan kalo mo dicoba ato buat jualan juga boleh, hemmm

Sik aku tak kepo-kepo, udah pada hujan kah ditempat kalian ? disini belooooomm, nih sesore tadi angin gede banget, sampe daun-daun pisang dibelakang rumah beisik banget digoyang-goyang angin (sssttt..bukan pohon pisang saiyah hihii)
Udah dulu ya, selamat istirahat dan melepas penat jiwa bagi yang udah beraktifitas sepanjang hari, eitss.. jangan merem dulu, tunggu isya yess !!






FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 19:53:00

0 komentar:

Post a Comment

.