ZEBRA CAKE KUKUS

Posted by



Bismillah ...

Hallo semua ... ^^ setelah berhari-hari ga bikin-bikin, hari ini disempatkan bikin-bikin hehee.. sebenarnya sekarang lagi ga enak badan dari hari Selasa kemarin tapi kok yo kangen banget sama tepung dan temen-temennya. Dan beberapa hari juga libur ngerotmar hehee...pokoknya selama sakit ga ngapa-ngapain deh... mana obatnya bisa bikin ngantuk pula.. jadi bawaannya lelaaaap aja...

Dan hari ini bikin Zebra Cake Kukus, Zebra cake yang cantik adalah yang motif zebranya jelas banget, rapi, ga ketumpuk-tumpuk. Sependek yang aku tau, supaya motif zebranya cantik yang harus dilakukan adalah menuang adonan putih dan coklatnya jangan sama banyak, seperti Zebra Cake yang aku bikin aku menuang 3 sendok makan adonan putih, dilanjutkan dengan adonan coklat 2 sendok makan dititik yang sama.
Doeloe aku pernah bikin... dengan ukuran 1 sendok makan adonan putih dilanjutkan 1sendok makan adonan coklat dan hasilnya yang coklat dan yang putih nyaris jadi satu dan tidak membentuk motif zebra sama sekali.... kecewa ??? bangeeettt... tapi tidak masalah .. dengan begitu kan jadi tau letak salahnya hehee.. maklumlah vivi kan ga pernah masuk kelas hehee ..
Baiklah ... langsung resep aja yuk...

ZEBRA CAKE KUKUS

Bahan :

4 butir Telur
175 gr Gula pasir
1 sdt Cake emulsifier (SP)
1/2 sdt pasta vanilla
200 gr Tepung terigu (segitiga)
45 gr Susu kental manis putih
100 cc Santan
100 cc Minyak goreng

1 sdt Coklat bubuk
1 sdt pasta coklat

Cara membuat :

1. Siapkan loyang diameter 18cm, alas kertas roti dan oles minyak goreng, sisihkan. Panaskan kukusan dengan api sedang aja ya.

2. Mikser telur, gula, SP, dan pasta vanilla hingga kental berjejak. Tambahkan tepung terigu, mikser rata. Selanjutnya tambahkan santan, mikser rata. Terakhir tambahkan susu kental manis dan minyak goreng, minser rata kembali hingga bener-bener rata.

3. Adonan  dibagi 2. 1 bagian ditambah coklat bubuk dan pasta coklat, aduk rata. 1 bagian biarkan putih.

4. Tuang 3 sendok makan adonan putih dibagian tengah loyang dilanjutkan 2 sendok makan adonan coklat di titik yang sanma dengan adonan putih. Lanjutkan menuang adonan putih dan coklat dengan cara yang sama hingga adonan habis.

5. Kukus adonan selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang.




Gimana ?? .. udah cantik kan motif zebranya ... dan rasanya juga gurih seperti cake kukus jadul yang selalu pake santan tapiii yang ini tidak beremah karena aku tambahkan minyak goreng dan susu kental manis pada adonannya. Pesanku ... ketika mengukus gunakan api sedang aja supaya permukaan cake tidak bergelombang atau pecah kecualiii klo bikin bolu kukus yang mekrok tuh apinya harus gede dan kukusan harus berupa banyak.

Okey,,, sekian aja yaa... mata udah mulai ga kuat nih, minta merem aja..
Semoga bermanfaat buat semuanya
Eits... cuaca panas maksimal dimana-mana, jaga kesehatan ya... banyakin minum air putih biar ga kayak akyuuuu^^
See yaaa .....





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 19:24:00

0 komentar:

Post a Comment

.