SUP IKAN GURAME

Posted by


Bismillah ...

SUP ato SOP adalah jenis masakan yang berkuah kaldu, yang terbuat dari  daging-dagingan yang direbus yang kemudian ditambahkan bumbu-bumbu untuk menambah rasa.
Dulu aku mengenalnya Sup ato Sop itu ya sayur Sop yang berkuah bening, yang isinya terdiri dari wortel, kentang, buncis, dan Vivi kecil akan merasakan sop yang benar-benar sop jika ditambahkan daun sledri pada kuahnya, klo ga ada sledrinya sepertinya bukan sop deh hihii... klo kebetulan punya daging ayam ya ditambah daging ayam dikaldunya tapi klo ga punya ya minus daging ayam, hehee ... kenapa seperti ituuu ?? karena dari kecil aku udah dikenalkan seperti ituuuu hihiii. Ga terpikir sama sekali jika masakan yang berkuah itu namanya sop/sup.. apapun isinya. Bahkan banyak juga kan masakan yang berkuah kental juga disebutnya Sup... seperti Sup Labu, Sup Asparagus, Sup kepiting dll
Kali ini aku bikin Ikan Gurame yang aku masak berkuah banyak, namanya Sup Ikan Gurame klo orang rumah nih nyebutnya Jangan Cemplung, ehh.. karena bumbunya hanya dipotong-potong kemudian dicemplung-cemplungin. Untuk yang kali ini aku membuatnya dengan cara menghaluskan bawang merah dan bawang putih kemudian ditumis, dan bumbu yang lain aku potong-potong dan aku cemplungin aja. Aku tambahkan tomat untuk rasa asem segernya... tapi aku lebih menyarankan untuk pake belimbing wuluh aja, hmm rasanya asli seger klo pake belimbing wuluh. Kemarin mo minta belimbing wuluh, ehh yang punya lagi bener-bener rumah... ga enak banyak tukang.

SUP IKAN GURAME

Bahan :
Kurang lebih 350gr Ikan Gurame

3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 cm jahe, potong2
4 cm kunyit, potong2
1 buah tomat, potong2
1/4 sdt merica bubuk
2 lbr daun salam
1 batang sere, geprek
1 batang daun bawang, potong2
Cabe rawit secukupnya
Garam secukupnya
2 sdm minyak goreng untuk menumis
350 cc air

Pelengkap : Jeruk limau

Cara membuat :

1. Haluskan bawang putih dan bawang merah, sisihkan.

2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus. Tambahkan jahe, kunyit, daun salam, sere, merica bubuk, tomat dan cabe rawit. Tumis hingga harum. Tambahkan air, biarkan hingga mendidih. Selanjutnya masukkan ikan gurame... biarkan hingga ikan matang. Terakhir tambahkan garam dan daun bawang, biarkan mendidih sekali lagi dan angkat.

3. Tambahkan perasan air jeruk limau jika akan menghidangkan.

* boleh ditambahkan gula dan penyedap rasa ya.
* jika ingin yang kuahnya pedes, haluskan cabe rawit bersama dengan bawang merah dan bawang putih.



Klo aku niiih... dimamnya ga pake nasi, hemmm nom-nom ^^
Oiya jika kalian suka ikan laut, ikan guramenya bisa diganti dengan ikan laut  ... eeh sssttttt karena ada jeruk limaunya tuh hwwiii rasanya jadi tambah syegeerrr lhooo. Klo ga punya jeruk limau, silahkan ambil didepan rumahku hihiii

Smoga bisa menjadi inspirasi menu hari ini yaa, mudah bikinnya dan bahannya juga gampang didapat...Happy Cooking Mom's



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 08:50:00

0 komentar:

Post a Comment

.