AYAM GORENG TEPUNG SAUS LADA HITAM

Posted by



Bismillah ...

Tau ga bedanya lada hitam dengan lada putih ? Kalo lada hitam diambil dari buah lada yang blom matag sempurna kemudian melalui proses pengeringan dengan sinar matahari sehingga memiliki bagian kulit yang kehitaman, Sebaliknya, lada putih diambil dari buah lada yang matang, lada putih memiliki rasa yang lebih pedas daripada lada hitam.
Daaann... Secara umum lada dan merica itu sama aja, hanyaaa... kata lada digunakan ketika sudah menjadi bubuk sedangkan kata merica digunakan waktu masih menjadi butiran.
Lada hitam pada masakan biasanya dihancurkan sesaat sebelum memasak dengan menggunakan alat yang namanya pepper grinder... karena aku ga punya alat tersebut maka aku hancurkan pake ulekan.. hehee yang penting kan tujuannya sama... menghancurkan ... apapun alatnya :D ... eits tapi jangan halus-halus ya .. cukup kasar-kasar aja, beda dengan lada putih yang dalam pemakaiannya harus dihaluskan.

Dan kali ini aku bikin Ayam Crispy Saus lada hitam, yaitu ayam yang aku tepungi sampe kriwil-kriwil gitu kemudian dibikinin saus yang ada lada hitamnya.  Yuk ceki-ceki resepnya yaaah...

AYAM GORENG TEPUNG SAUS LADA HITAM

Bahan :
250 gr Fillet dada ayam, potong-potong sesuai selera tapi jangan terlalu kecil
1 siung Bawang putih, haluskan
1/4 sdt Merica bubuk
1/4sdt Garam
---------------------------- campur semua bahan, aduk rata, diamkan selama 1/2 jam.

Bahan tepung :
150gr Tepung terigu serba guna
20gr Tepung maizena
1/2sdt Baking powder
14sdt Garam
1/2sdt Royco (boleh diskip jika ga suka)
12sdt Merica bubuk
-----------------------------campur semua bahan, aduk rata.

3 sdt Tepung terigu untuk taburan
Air es secukupnya

Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Bahan Saus :
1sdm Margarin
1siung Bawang putih, geprek dan cincang kasar
50gr Bawang bombay, potong2
2sdm Saus tomat
2sdm kecam manis
1sdt Lada hitam, tumbuk kasar
1sdm Mnyak wijen
1sdm Saus tiram
1/2sdt Maizena
5sdm Air
1/4sdt Garam
1/2sdt Gula

Cara membuat

1. Ayam tepung : Taburi daging ayam dengan tepung terigu. Panaskan minyak goreng secukupnya. Gulingkan daging ayam pada campuran tepung terigu, kemudian celupkan ke air es setelah itu gulingkan di campuran tepung sambil diremas-remas. Goreng ayam dengan api sedang hingga matang.

2. Saus lada hitam : Campurkan saus tomat, kecap manis, minyak wijen, saus tiram, tepung maizena dan air, aduk rata. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambamkan lada hitam, aduk rata. Selanjutnya tambahkan campuran saus, aduk rata. Terakhir tambahkan garam dan gula.

3. Hidangkan ayam goreng tepung dengan sausnya.



Tarraaaa.... udah jadi, yeay!! daaan sepertinya lada hitamnya kurang banyak karena difoto ga kliatan titik-titik hitamnya hehee.. hmm tapi rasanya ga mengecewakan kok. Silahkan dicoba, semoga suka yaaa :D

Selamat malam, happy Cooking Mom's ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 21:45:00

0 komentar:

Post a Comment

.