TELUR GORENG KRISPI

Posted by


Bismillah ...

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Biasanya telur yang dikonsumsi berasal dari ayam, bebek dan angsa. Telur bisa diolah menjadi apa aja, mulai dari lauk hingga berbagai macam kue. Untuk lauk biasanya cara pengolahannya dengan cara digoreng atau direbus yang kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu hingga menjadi menu masakan yang nikmat untuk disantap. Sedangkan untuk kue, biasanya telur dicampurkan pada adonan dengan cara dimikser atau dikocok. Fungsi telur pada adonan kue selain sebagai penstabil adonan juga untuk memberi rasa dan tekstur karena telur mengandung lemak.

Dan kali ini aku membuat cemilan yang amat sangat mudah yang terbuat dari telur. Eits... bisa juga buat lauk lho yaa.  Ini bikinnya tadi siang... ada sedikit kesalahan waktu megukusnya. Apinya terlalu besar hingga membuat  bagian atas telur yang dikukus menjadi tidak rata, jadi kurang cantik deh. Saranku ... ketika mengukus gunakan api kecil aja.

TELUR GORENG KRISPI

Bahan A :
4 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

 Bahan B :
2 sdm tepung terigu
Merica bubuk secukupnya
Bawang putih bubuk secukupnya
Garam secukupnya

 Bahan C :
1 butir telur + sedikit garam

 Bahan D :
 Tepung roti secukupnya

MInyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Kocok lepas bahan A hingga tercampur rata. Tuang kedalam loyang atau pinggan tahan panas, kukus selama kurang lebih 15 menit.

2. Campur rata bahan B kemudian kocok lepas bahan C.

3. Penyelesaian : potong-potong telur yang sudah dikukus. Selanjutnya gulingkan potongan telur kecampuran bahan kering (bahan B), kemudian celupkan ke telur yang sudah dikocok dan terakhir gulingkan ke tepung roti. Lakukan hal yang sama hingga semua terpanir. Siap digoreng.

4. Panaskan minyak goreng secukupnya. Goreng hingga krispi bagian luarnya.

5. Sajikan dengan saus sambel dan mayones.



Jika dirumah ada anak-anak alangkah serunya jika bikin ini bareng mereka, sayangnya anak-anakku udah gede-gede semua dan ga ada drumah pula hehee.
Bahan yang mudah didapat dan cara bikinnya yang simpel sooo... bikin yuk. Bisa jadi alternatiif cemilan bocah kan tapiiii yang dewasa pun aku yakin pasti juga suka, dicocol saus sambel ato mayones, heemmm "nomnom". Oiya... jika kalian suka MSG boleh ditambahkan yaa... suka-suka aja lah...
Kuakhiri yaaaa... otakku lagi kemana-mana nih, susah fokus...
Selamat malam buat semua...



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 19:48:00

0 komentar:

Post a Comment

.