PIE KEJU

Posted by


Bismillah ...

PIE adalah makanan ato kue yang berkulit kering kemudian diisi dengan beraneka ragam isi. Kulit pie terbuat dari tepung terigu, telur dan margarin atau butter. Penambahan air es pada adonan pie dimaksudkan supaya kulit pie yang sudah matang menjadi renyah. Proses pematangan kulit pie yaitu dengan cara dipanggang.

Di negara +62 ini yang paling terkenal adalah pie Susu khas Bali.. hayiyooo sapa yang ga kenal pie susu Bali... hemm pasti ga ada deh. Biarpun bisa dikata udah bisa bikin sendiri tapi selalu riang gembira deh klo ada yang bawain oleh-oleh Pie Susu Bali... (hmm itu lak kamu seh Viii, hihiii )
Kali ini aku pengen bikin yang beda aja, apanya yang bedaaa ?? aku tambahi keju di adonan isinya. Ga tanggung-tanggung aku pake sekotak keju untuk satu resepnya hihiii... karena aku pengen yang rasanya bener-bener ngeju... aku ga mau ketika dimakan jejak kejunya samar-samar gitu dimulut.

PIE KEJU

Bahan kulit :
100 gr Margarin
200 gr Tepung terigu (aku pake segita)
1 sdm Gula halus
1 butru Kuning telur
2 sdm Air es
1/4 sdt Garam

Bahan isi :
175 gr Keju cheddar (sekotak ya)
150cc Susu cair
65 gr Gula halus
25 gr Tepung terigu (segitiga)
1 butir Kuning telur

1 kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Adonan kulit : campur semua bahan kemudian aduk rata dengan mengunakan pisau pastry atau garpu. Hingga rata ya. Atauuu jika kalian dirumah ada food processor .. kalian bisa mengaduknya menggunakan alat tersebut. Setelah tercampur rata, adonan dibungkus plastik kemudian masukkan lemari es untuk beberapa saat, ini tujuannya agar kulit pie menjadi crust ato renyah. Dan kali ini aku bikin tanpa dimasukkan lemari es.

2. Siapkan loyang-loyang pie. Oles semua permukaan loyang dengan margarin. Ambil adonan pie secukupnya kemudian tekan-tekan, ratakan dan rapikan diloyang pie. Lakukan hingga adonan habis. Selanjutnya adalah tusuk-tusuk bagian dasar kulit pie dengan garpu ato pisau, tujuannya supaya ketika dipanggang bagian bawah atau bagian dasar kulit pie tidak menggelembung. Sisihkan.

3. Adonan isi : parut keju cheddar kemudian campur dengan susu cair dan masak dengan api kecil, tidak perlu mendidih, cukup hingga keju larut saja.
Kocok gula halus dan kuning telur hingga rata, tambahkan tepung terigu dan campuran susu keju. Kocok hingga tercampur rata.

4. Tuang adonan isi ke masing-masing loyang kulit pie. Panggang dengan suhu 170 derajat celcius selama 30 menit. Setelag 30 menit, keluarkan kue dari oven, oles permukaan kue dengan kuning telur dan panggang kembali kurang lebih 10 menit atau hingga permukaannya matang kecoklatan.



Sebenarnya ini adalah dalam rangka uji coba, seperti biasa klo enak aku share disini tapiii klo ga enak atau ga sesuai dengan yang aku bayangkan hmmm biarlah cukup kami aja yang tau hihiii...
Tapi beneran ini enak banget, jejak kejunya jellaassss terasaaa, tapi aku ga mau makan banyak-banyak, takut gemuk... hihiii hanya kata-kata aja siihh.
Udah ah segini aja dulu yaa, Selamat beraktifitas semua... ini nulis sambil vc sama umikku hihiii
Happy Baking Moms


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 10:40:00

0 komentar:

Post a Comment

.