BITTERBALLEN KENTANG

Posted by



Bismillah ...

Bitterballen dalah camilan khas Belanda, mirip dengan kroket hanya saja bentuknya bulat dan kecil-kecil. Biasanya terbuat dari daging cincang yang dibikin ragout kemudian dibalur dengan tepung roti. Dan kali ini aku bikin versi murmer nya yaitu tanpa daging atau kornet, hanya kentang dan wortel kemudiang aku kasih isian keju cheddar. Dan untuk celupannya juga aku tidak menggunakan telur tapi hanya tepung terigu yang aku encerkan dengan sedikit air. Memanir dengan tepung terigu yang diencerkan itu menurutku lebih rapi jika kita menggunakan telur kocok, ada juga yang memanfaatkan putih telur untuk memanir. Sebenarnya nih... aku lagi punya banyak putih telur dikulkas tapi kali ini aku mo bikin yang pake tepung yang diencerkan aja.

BITTERBALLEN KENTANG

Bahan :

300 gr kentang, kukus dan haluskan
2 sdm butter/margarin
4 sdm tepung terigu (aku pake segitiga)
150 cc susu cair
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1/4 sdt pala bubuk

Untuk celupannya :
100 gr tepung terigu
150 cc air
Sedikit garam, boleh diganti MSG jika suka

Keju cheddar secukupnya untuk isian, potong dadu
Tepung panir kasar secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan butter atau margarin, jika sudah meleleh tuang tepung terigunya. Aduk rata. Tuang susu dan aduk cepat biar tidak menggrindil. Tambahkan wortel, garam, merica dan pala bubuk. Aduk rata dan masak hingga kalis.

2. Dinginkan sebentar adonan, setelah agak dingin ambil satu sendok adonan kemudian tambahkan keju, rapatkan dan bulatkan. Lakukan hingga semua adonan habis.

3. Bahan celupan : aduk rata tepung terigu, air dan garam. Siapkan tepung panir di wadah yang agak besar. Celupkan satu bulatan adonan kemudian guling-gulingkan ditepung panir. Lakukan hingga adonan habis.

4. Siap untuk digoreng.

* alangkah baiknya diamkan dulu didalam kulkas kurang lebih satu jam sebelum dogoreng supaya tepung anir tidak rontok ketika digoreng

* supaya kue tidak meletus, waktu menggoreng gunakan api sedang aja dan minyak secukupnya yang sekiranya kue bisa kerendem. Jangan menggoreng terlalu banyak, beri ruang untuk masing kue-kue ato dengan kata lain jangan berhimpitan.



Untuk rasa yang beda kalian boleh menambahkan kornet sapi pada adonannya atau kalian bisa mengganti daging sapi atau ayam yang sudah dimasak sebagai pengganti keju untuk isiannya atooooo.. kejunya pake mozarella... hemm hemmmm kebayang meleleh pecah dimulut deh hihiii. Aahh suka-suka aja lah yaa... tapi dengan dibikin kayak gini aja udah enak kok. Kue ini bisa untuk sarapan, temen minum teh sore hari, isian snackbox, suguhan arisan ato bisa juga sebagai jajanan gurih salah satu isian kue tampah.

Baiklah, segini aja tulisannya semoga bermanfaat untuk semua...
Selamat beraktifitas Selasa yaaa, semoga hari ini dimudahkan semua urusan kita, aamiin ^^



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 09:00:00

0 komentar:

Post a Comment

.