AYAM KECAP CABE IJO

Posted by


Bismillah ...

Ayam Kecap... masakan simpel yang siapapun pasti bisa bikin.Ingat dulu waktu anak-anakku masih kecil-kecil masakan ini yang paling sering dibikin. Buat sarapan terutama karena gampang dan cepet bikinnya daaann satu lagi... anak-anakku doyan. Klo anakku ga doyan biarpun gampang dan cepet bikinnya aku males mo bikin, hihiii. Aaahh jadi kangen masa-masa itu, kangen ambil nasi dipiring besar kemudian nyuapin mereka ganti-gantian, sekarang mereka udah gede-gede.. udah ga dirumah semua. Tapiiii klo pulang masih suka minta dimasakin lauk-lauk kesukaan mereka, dan mereka berdua masih suka minta disuapin hehee, seperti dulu... sepiring buat berdua dan gantian nyuapinnya. Lhaaa... jadi kemana-mana critanya nih... ke ayam kecap lagi yaa

Ayam Kecap tuh pada dasarnya mirip kayak semur hanya aja klo semur kuahnya banyak dan ayam kecap kuahnya dikit... cenderung ga berkuah gitu. Tapi yang kali ini aku masak ada tambahan cabe ijonya (beli ditukang sayur, sebungkus isi 7 biji harganya 1000 rupiah).. hemmm rasanya jadi mantep pedes padahal hanya cabe ijo lho.
Oiya... beberapa hari yang lalu aku liat channel Youtubenya chef Eddy Siswanto (makasih ya Cheeeff) disitu dapat pelajaran baru yaitu memcuci ayam dengan menggunakan tepung tapioka. Pemakaian tepung tapioka bertujuan untuk menghilangkan lendir-lendir pada daging ayam. Dan aku coba ... eehhh emang bener lho.. daging ayamnya jadi keset gitu. Beneran aku baru tau lhoo... duhh kemana aja sih viiii .. hihiii

AYAM KECAP CABE IJO

Bahan :
500 gr Ayam yang udah dipotong-potong
2 sdm Maizena
1 butir Telur ukuran kecil
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu-bumbu :
2 sdm Margarin untuk menumis
50 gr Bawang bombay, potong-potong
3 siung Bawang putih
7 buah Cabe ijo, belah jadi 2
1 buah tomat, potong-potong
1/2 sdm Kecap manis
3 sdm Kecap manis
1 sdt Merica bubuk
1 sdt Garam
150 cc Air

2 sdm Tepung tapioka untuk memcuci ayam

Cara membuat :
1. Lumuri ayam dengan 2 sendok makan tepung tapioka, ratakan dan remas-remas. Kemudian cuci bersih.

2. Ayam yang sudah dicuci ditusuk-tusuk dengan garpu supaya ketika dimasak bumbu meresap hingga kedalam dagingnya. Selanjutnya campur ayam dengan maizena, garam dan telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata. Panaskan minyak goreng, goreng ayam hingga kecoklatan. Sisihkan.

3. Panaskan wajan, tambahkan margarin. Tumis bawang bombay, bawang putih, cabe ijo, tomat hingga harum. Kemudian tambahkan ayam, merica bubuk, garam, kecap manis dan kecap asin. Aduk rata. Tambahkan air, aduk rata dan diamkan hingga air agak menyusut

4. Siap disajikan.



Tarraaaa ... gampang kan bikinnya ?? aku yakin kalian pasti lebih pinter daripada aku hihiii... maklumlah aku kan masih calon pemula hehee. Klo mo masak gampang dan cepet kayaknya aku menyarankan ini deh.. beneran rasanya tidak mengecewakan lho.
Semoga bermanfaat yaaa... selamat menikmati malam minggu bersama keluarga tertjintah...
Happy Cooking Mom's ^^




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 18:15:00

0 komentar:

Post a Comment

.