DAGING AGE

Posted by


Bismillah ...

Masih dalam suasana Idul Adha nih, kali ini aku mau masak daging-dagingan .. yaitu daging Age. Kalo di Lumajang nih masakan ini udah tidak asing lagi.. sering dipake untuk lauk nasi berkatan hajatan, pelengkapnya biasanya mie goreng, kering kentang ato tempe, telur bali ato telur asin, serundeng dll.
Dulu nih... jaman-jaman masih ingusan klo dapat nasi berkatan kayak gini... duhh bahagia banget. Kami bertiga... mas ku, aku dan adekku... nasi berkatannya satu hihii
Sekarang suka kangen masa-masa itu, kangen aroma nasi berkatan... yang aromanya beda banget menurutku. Kalo sekarang kan nasi berkatannya udah beda... wadahnya selalu pake kerdus dan mika didalamnya, aromanya pun udah beda hhehee.. Oiya daging age ini biasanya klo untuk hajatan bentuknya berupa sate. Klo tak perhatikan siih... nusuk dagingnya tuh ketika daging masih mentah.. setelah itu dibumbui, selanjutnya dimasak sampe empuk. Ada juga yang dibakar setelah daging matang, yang dibakar ini lebih enak lagi... bau khas bakarannya bener-bener menggugah selera untuk segera digigit hihiii
Sambil mengenag masa-masa itu... ga ada salahnya kan klo bikin sendiri. ... yuk ahh langsung nulis resep ya

DAGING AGE

Bahan :
500 gr Daging sapi, potong-potong
1btr Telur, kocok lepas
1btg Sere, geprek
3lbr Daun jeruk
20 gr gula merah
1-2 sdm air Asam Jawa
1 sdt garam
2 sdm minyak goreng untuk menumis
500 cc air

Bumbu yang dihaluskan :
8 btr Bawang merah
5 siung Bawang putih
3 cm  Kunyit
1 cm  Lengkuas
1 cm Kencur
1 cm Jahe
1 1/2 sdt Ketumbar bubuk
1/4 sdt Jinten
4btr Kemiri

Cara membuat :
Tumis bumbu yang dihaluskan, sere dan daun jeruk hingga harum.  Karena aku menggunakan panci tekan (presto) maka semua bahan dan bumbu yang telah ditumis aku masukkan kedalam panci tekan, kemudian masak selama kurang lebih 15 menit.
Setelah 15 menit, buka tutup panci ... masak kembali daging hingga air bener-bener menyusut.
Jika tidak menggunakan panci tekan ... prosesnya sama tapi tambahkan air secukupnya kemudian masak hingga daging bener-bener empuk.



Ini rasanya enak banget, beneran... cukup dengan nasi hangat sajaa, hmmm
Ehh... tadi tuh pengennya pas poto-potonya mau tak bikin kayak nasi plus lauk berkatan jaman dulu... aaahhh ternyata banyak banget pelengkap yang harus disiapkan... ya sudahlah... begini aja gambarnya, hihiii
Semoga bisa menginspirasi sebagai salah satu menu keluarga atau sebagai masakan olahan daging Qurban.
Sekian aja yaa... selamat syoreee ^^
Happy Cooking Moms ^^



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 17:55:00

0 komentar:

Post a Comment

.