CAKE PISANG

Posted by


Bismillah...
Yang kesekian kalinya bikin cake Pisang.. ini gara-gara semalam waktu arisan dibawain pisang sama tuan rumah, hihii .. Dan kebetulan ada resep yang pengen aku cobain.. kok kayaknya untung  banget di aku ya. Ada yang kasih pisang dan ada yang kasih resep hihii.
Kalo ga salah nih ... ada beberapa resep cake pisang disini, itu berarti aku udah beberapa kali bikin cake pisang. Tentang cake pisang nih.. kalo menurutku tidak semua pisang bisa digunakan untuk cake pisang. Lebih sering kita menjumpai orang-orang menggunakan pisang ambon untuk membuat cake pisang karena pisang ambon mempunyai tekstur yang lembut, manis serta aroma yang kuat. Biasanya pisang didiamkan hingga benar-benar matang sebelum digunakan sebagai campuran cake. Aku suka dengan cake pisang yang warnanya agak gelap gitu, konon katanya warna yang gelap itu didapat dari buah pisang yang sudah dihaluskan kemudian didiamkan beberapa saat.
Oiya.. cake pisang ini emang aslinya pake gula pasir ya, tadi aku mau pake gula palm eehh... gulanya masih dikulkas, lupa blom dikeluarin hihii

CAKE PISANG

Bahan :
1 butir Telur
1 sdt SP
100 gr Gula pasir
100 gr Pisang (haluskan)
100gr Tepung terigu
1/4 sdt Baking powder
1/4 sdt Soda kue
1/4 sdt Vanilli bubuk
50 cc Minyak goreng
25 gr kismis (aduk rata dengan 1 sdt tepung terigu)

Cara membuat :

1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius. Siapkan loyang bulat diameter 20cm, alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Mikser telur, gula dan SP hingga kental berjejak. Tambahkan pisang yang sudah dihaluskan, kocok rata. Tambahkan tepung terigu yang sudah diayak dengan baking powder, soda kue dan vanilli bubuk, kocok rata. Matikan mikser kemudian tambahkan minyak goreng, aduk rata. Terakhir, tambahkan kismis, aduk rata kembali.

3. Tuang adonan ke loyang, ratakan. Kemudian oven kurang lebih 20 menit.

4. Tes tusuk, jika sudah matang keluarkan kue dari oven.



Ini aku buta hanya separuh resep aja ya. Diliat dari cara bikinnya ... cake pisang ini lebih ke spongecake. Cake nya ringan...jejak aroma pisangnya kurang tajam menurutku, mungkin karena aku penggemar cake pisang yang berat jadi udah terbiasa dengan aroma pisang yang kuat, cake pisang yang berat itu menunjukkan jika pemakaian jumlah pisang yang banyak pada adonannya. Kalo menurutku lagi niih... pada spongecake agar aroma pisangnya keluar dengan pemakaian pisang yang sedikit mungkiiiinn bisa ditambah dengan perasa pisang.
Dan akhirnyaaaa... kembali ke selera masing-masing yuuuhhh, mau yang ini atau yang itu ..andalah yang menentukan hehee..
Ehh ... besok Hari Raya Idul Adha lhoo... buat kalian semua aku ucapkan

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA, SEMOGA ALLAH MELIMPAHKAN CINTA NABI IBRAHIM KEPADA ALLAH KEDALAM DIRI KITA SAMPAI AKHIR HAYAT NANTI, SEMOGA MAKNA QURBAN DAN KEIKHLASAN MELEKAT DALAM DIRI KITA, AAMIIN

Akhirnya... selamat malam, selamat berbagi daging Qurban ^^
Happy Baking Mom's ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 20:46:00

0 komentar:

Post a Comment

.