ROTI KASUR, ROTI EMPUK TANPA ULEN

Posted by


Bismillah ...

Selamat pagiii...
Bikin ROTI yuk... roti adalah makanan yang berbahan dasar utama tepung terigu yang kemudian difermentsaikan. Biasanya kalo membuat roti tuh harus diulen sampe kalis elastis kan tapi yang kali ini aku membuatnya tanpa ulen sampe kalis elastis dan teksturnya tetep lembut, ga bantet, ga bau ragi dan empuk.
Nih pas banget buat yang ga punya mikser roti dan yang males ngulen tapi ngebet banget pengen bikin rerotin...kayak aku... hihii (tutup muka pake loyang ..:P)
Aku ingatkan yaa... sebelum proses.. pastikan dulu semua bahan dalam kondisi mash bagus terutama raginya.

ROTI KASUR TANPA ULEN

Bahan :
140 cc susu cair hangat
1 sdt ragi instan
30 gr gula pasir
====================== aduk rata dan diamkan selama 15 menit

1 butir Telur
50 gr Margarin
260 gr Tepung terigu protein tinggi (CAKRA)
1/4 sdt Garam

1 butir telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Tuang susu yang sudah dicampur dengan gula dan ragi kedalam mangkok tambahkan telur dan margarin, aduk rata. Selanjutnya tambahkan tepung dan garam, aduk rata kembali. Setelah adonan tercampur rata, tutup adonan adonan kemudian fermentasikan hingga mengembang 2 kali lipat (berapa lama fermentasinya ? tergantung suhu ruang masing-masing)

2. Setelah mengembang 2 kali lipat, keluarkan dari mangkoknya kemudian tipiskan adonan kurang lebih ketebalan 1 cm (tabur tangan dan papan untuk menipiskan dengan tepung terigu supaya ga lengket). Gulung adonan yang sudah ditipiskan, potong-potong menjadi 9 bagian kemudian bulatkan dan rapikan. Tata diloyang yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin. Diamkan lagi hingga mengembang 2 kali lipat. 

3. Oles permukaan roti dengan telur yang sudah dikocok, oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Fungsi garam dalam pembuatan roti, adalah pembuat rasa gurih, membangkitkan rasa dan aroma bahan-bahan-bahan lain, meningkatkan ekstensibilitas adonan, mengontrol aktifitas ragi dalam proses fermentasi dan berfungsi sebagai pengawet. Tapi jika pemakaian garam yang terlalu banyak atau melebihi takaran akan menghambat proses fermentasi.




Liat tuh hasilnya.. beneran empuk dan berserat rapi kan ?? Bikin yuk Moms ^^

Mardiana Indah Rosidah... ini ya Ana say janjiku untukmuu, tanpa ulen lho karena aku ga tega liat kamu ulen-ulen adonan roti, hihiii semoga sukses rotinya, ga bantet-bantet lagi :)

Selamat beraktifitas Rabu yaaa, semoga berkah hari ini... Happy baking ya Moms ^^

Simak step by stepnya di bawah ini yaa :)



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 07:36:00

0 komentar:

Post a Comment

.