MARMER CAKE

Posted by


Bismillah ...

Pagi tadi... setelah selesai menutup pager rumah selepas si Ayah yang berangkat kerja, kemudian aku berbagi tugas sama kakak... aku bersih-bersih dapur dan kakak membersihkan rumah. Aaahhh... udah beberapa hari ini Probolinggo dingiiiiinn..sepertinya ga hanya di probolinggo deh... hampir disemua tempat hawanya lagi dingin... klo kayak gini beneran ac dan kipas angin ga laku, hihiii tapiii bulan-bulan gini disini lagi angin gede, masyarakat sini biasa menyebutnya dengan angin Gending... mungkin ini juga salah satu yang menyebabkan hawanya jadi dingin. Seharian bawaanya pengen ngemil teruuss... tapi emang kamu doyan ngemil kan viiii.. hikz. 
Dan setelah semuanya rapi kenapa aku kangen banget pengen makan cake ya, dan kangen oven, kangen mikser juga... pokoknya kangen bebikinan lah. Akhir-akhir ini banyak banget yang membuat aku libur bikin-bikin, terakhir ada adiknya mas Fitri sama suaminya yang lagi liburan disini.. dan pulang hari Jumat kemarin. 
Dalam hati tadi pagi tuh ...pokoknya hari ini harus bikin-bikin walopun jari jempol masih nyeri karena kena parut waktu marut kelapa kemarin, ini bukan kali pertama kena parut tapi yang ini kok parah banget ya... tadi bangun tidur rasanya nyeriiii gitu. Oiya... marut kelapa kemarin tuh dalam rangka bikin santen untuk bikin Lumpur Surga... hemm aku kan ga mau pake santan instan untuk bikin kue-kue tradisional. Klo untuk campuran  masakan aku masih mau deh... tapi klo kue-kue ... harus marut heheee..

Kali ini bikin Marmer Cake... beberapa waktu yang lalu udah bikin pake resep ini tapi ga aku post disini, waktu itu aku bikin pake loyang bulat diameter 18cm tinggi 7cm, pas banget. Naahh kali ini aku males nyari-nyari loyang hihii... masuk gudang liat rak sana sini kok ga kliatan loyang bulat.. ya udah pake aja loyang yang ada didepan mata... loyang loaf :D ... dan adonannya ga muat, huhuhuuu untung adonannya ga ngalir waktu didalam oven tadi... ini namanya pemaksaan :D :D

Marmer Cake

Bahan :
250 gr telur (ditimbang sama kulitnya ya)
100gr gula pasir
1sdt SP
100gr Tepung terigu
1sdm Tepung maizena
1sdm Susu bubuk
100gr Margarin, cairkan
1sdm Minyak goreng

1sdt Pasta coklat
1sdt coklat bubuk

Cara membuat :

1. Siapkan loyang diameter 18cm, alas kertas roti dan oles rata margarin, sisihkan. Panaskan oven.

2. Mikser semua bahan kecuali margarin dan minyak (all in methode) hingga kental berjejak. Kemudian masukkan margarin dan minyak. Aduk balik, hingga tercampur rata ( jika margarin tidak tercampur rata bisa mengakibatkan cake bantat). Ambil 8sdm adonan tambahkan coklat bubuk dan pasta coklat, aduk rata. 

3. Tuang sebagian adonan putih ke loyang, tambahkan 4sdm adonan coklat di beberapa tempat kemuadian tuang sisa adonan putih. Tambahkan sisa adonan coklat di beberapa tempat. Gurat dengan garpu atau tusuk sate (sampe kedalam ya), setelah itu hentakkan sekali aja supaya gelembung udara keluar dari adonan. Selanjutnya panggang dengan suhu 180 dercel hingga matang.


Kenapa telurnya ditimbang ? kan biasanya diresep ditulis dengan berapa butir telur. Hemm jawabnya.. karena aku beberapa waktu lalu beli telur dapatnya kecil-keciiiiil banget, ga bisa milih karena sama bakule udah ditimbange per 2kg, yasudah akhirnya telurnya aku timbang aja. Kalo untuk ukuran butir satu resep menggunakan 4 butir telur... 1 butir telur kira-kira beratnya 62,5gr untuk telur ukuran normal. Jadi 4x62,5gr = 250gr... kurang lebih seperti itu deh hehee..
Cake marmer ini  lembut juga lho, not bad lah buat temen minum kopi dihari dingin gini... klo kalian mo bikin... tolong yaaa...pake loyang yang sesuai ukuran adonan. Jangan males nyari-nyari loyang kayak aku tadi pagi... jadinya kayak gini deh... mbleber ke pinggir-pinggir. Karena adonan yang mbleber itu jadi kuenya cekung ditengah, duhh > , <

Baiklah.... selamat malaam, happy baking Mom's ^^



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 20:56:00

0 komentar:

Post a Comment

.