MACARONI SCHOTEL

Posted by


Bismillah ...

Baru sempet ngeblog lagii, hehee.. maklumlah..nyambi-nyambi :D ini baru slese bikin rotmar 4kg, ingat ada foto yang blom dipublis sebenarnya udah dari semalam mo nulis disini tapi mata ga kuat, ngantuuukk.. jadi semalam tuh hanya uplod foto dan nulis resep sajaahh hehee..

Hemm... udah pada tau makaroni skutel kan ? aku yakin kalian pasti sering bikin, yang blom pernah bikin, cobain bikin deh... gampang banget. Makutel ini adalah kue yang jarang gagal ato kue yang pasti jadi.
Yang harus diingat kalo mo membuat makutel adalah merebus makaroni hanya sampe hampir matang aja karena nantinya akan dimasak lagi bareng dengan susu klo terlalu matang ntr malah kelembekan dan ketika ditiriskan setelah direbus.. siram makaroni dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangan.
Untuk pemakaian kejunya... boleh ditambah ato dikurangi tergantung selera masing-masing. Penambahan dan pengurangan keju ini akan berpengaruh pada rasa yaa. Semakin banyak keju akan semakin ngejuuu, dan sebaliknya.. hehee

MACARONI SCHOTEL

Bahan :
100gr makaroni
100gr keju cheddar (parut)
2 buah sosis (potong-potong)
50gr korned
120cc susu cair
2 butir telur
1/2 buah bawang bombay
2 sdm margarin
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Bahan topping/saus keju :
1 sdm margarin
1 sdm tepung terigu
150 cc susu cair
50 gr keju cheddar
50 gr keju spreed
Sedikit garam
Sedikit merica

Cara membuat :

1. Didihkan air 1 liter, tambahkan 1 sendok makan minyak goreng dan 1 sendok teh garam. Setelah air mendidih masukkan makaroninya, rebus (sambil diaduk sekali waktu) selama 8 menit. Tiriskan dan siram dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangannya. Sisihkan

2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan kornet dan sosis, aduk rata. Tambahkan makaroni, garam, merica bubuk dan pala bubuk, aduk rata. Tuangkan telur dan susu cair yang sudah dikocok rata, aduk cepat biar telurnya ga nggrindil. Terakhir masukkan keju parut, aduk rata. Matikan api. Tuang makaroni ke pinggan tahan panas atau alumunium cup. Sisihkan.

3. Topping saus keju : panaskan margarin, tuang tepung terigu, aduk rata. Tuang susu cair. Aduk-aduk supaya adonan rata (tidak nggrindil), tambahkan merica dan garam, aduk rata. Terakhir masukkan keju parut. Aduk rata. Matikan api... taung saus keju diatas makaroni. Tambahkan parutan keju dan oregano diatasnya.

4. Panggang makaroni schotel dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit.

#olahanmakaroni
#macaronischotel
#makutel
#mengisiliburan
#jajanevivi


Heii... gampang kan bikinnya ? ayo bikiiiinn... :D :D
Untuk saus kejunya... kebetulan aku punya sisa keju spreed kalo kalian mo pake keju yang lain silahkan aja yaa... dan ketika aku nulis disini  makutelnya udah habiiiiss... seperti biasa .. yang tersisa hanya gambarnyaa huhuuu

udah sore nih... aku tak mandi dolooo, semoga secepatnya bisa nulis disini lagii.. tapi besok masih ngerotmar... besoknya lagi ... besoknya lagi ... kayaknya seminggu ini full rotmar deh. Hemm ^^
POkoknya klo ada waktu aku bikin-bkin... sekalian bikinin cemilan ndoro putri ini hihiii... ndoro putri yang satunya udah balik ke asrama.

Akhirnya ... selamat sore semuaaa *,*





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 16:08:00

0 komentar:

Post a Comment

.