AYAM SAUS MADU

Posted by


Bismillah...

Apa kabar semua ? semoga baik-baik aja yaa...dan masih semangat untuk membuat sesuatu yang nikmat untuk keluarga tertjintah <3 nbsp="" p="">Sekarang masak-masak yuk... sering kan kita liat kalo pas lagi makan di resto-resto ada menu CHICKEN HONEY SAUCE ato AYAM SAUS MADU... sempat terpikir ga klo kita bikin sendiri dirumah ? kalo aku nihh.. tiap kali ada kesempatan makan diluar rumah dan nemu hidangan yang pas dilidah selalu terpikir ntuk nyoba bikin sendiri dirumah.. hehee... apalagi  menu-menu yang anakku suka banget.. wah pengen cepet-cepet bikin aja deh apalagi klo bahan-bahannya mudah didapat... hemm ... pada dasarnya aku nih suka bebikinan dan suka njajan juga hahaa... ga hanya masakan .. kue-kue juga gitu.
Dan ini aku masak kemarin pagi, sejatinya buat sarapan kakak eeehh lakok kesiangan masaknya karena alasan yang ga jelas banget.. dan slese masak udah jam sepuluhan ... slese poto-poto udah jam 10 lebih... oh noooo... ini makan siang ato sarapan ya, sementara kakak udah ga sabar aja kayaknya, dan aku merasa bersalah banget huhuuu ... begitu slese poto-poto langsung tak suruh makan tuh yang dimangkok hahaa.. kasian yaa...

AYAM SAUS MADU

Bahan untuk ayamnya :
250 gr fillet ayam, potong-potong
2 siung bawang putih (haluskan)
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam
============= aduk rata semua bahan, diamkan selama 30 menit

Bahan untuk tepungnya :
130 gr tepung terigu
20 gr maizena
1/4 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt garam
1/4 sdt ROYCO
1/2 sdt merica bubuk
============= aduk rata semua bahan

Bahan untuk sausnya :
4 sdm madu
1 1/2 sdm kecap manis
1 sdt minyak wijen
1 sdt maizena
5 sdm air
============= aduk rata
2 siung bawang putih haluskan
50 gr bawang bombay, potong-potong
1 sdm saus tomat
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Minyak goreng secukupnya untuk menggireng ayam
Air secukupnya untuk mencelupkan potongan daging ayam

Cara membuat :

1. Ayam tepungnya : tuangkan minyak goreng dalam wajan secukupnya, panaskan dengan api sedang.
Gulingkan potongan ayam kedalam tepung, remas-remas, selanjutnya masukkan kedalam air dan gulingkan lagi kedalam tepung, remas-remas kembali. Setelah ayam terbalur tepung rata kemudian goreng hingga matang. Sisihkan.

2. Saus madunya : tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, tambahkan saus tomat, aduk rata. Tuang campuran madu tadi, aduk rata hingga mengental. Selanjutnya tambahkan ayam tepungnya, aduk rata kembali hingga semua permukaan ayam tertutup saus.

3. Siap dihidangkan.




Menurutku ini pas banget rasanya dan si kakak suka banget.. tadi aku menggunakan daging ayam bagian dada.. sepertinya sih kalo dibikin masakan kayak gini enaknya pake daging ayam yang bagian paha tapi kembali ke selera masing-masing ya. Silahkan dicoba, semoga bisa bisa menjadi inspirasi memasak untuk keluarga yaa..

Happy Cooking Mom's
Happy Weekend
Sugeng Injing ^^




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 06:11:00

1 komentar:

  1. Thanks for sharing, sukses terus..
    Kunjungi juga http://bit.ly/2WMA01o

    ReplyDelete

.