SAPI LADA HITAM

Posted by


Bismillah ...

Halluuuu... aaahhh udah dari tadi nih mo nulis disini ehh tiba-tiba ada telpon sodara kasih tau udah ada dipintu pager depan huwaaa... langsung kabur deh ga jadi nulis disini. Tadi tuh ada sodara yang mo balik Jakarta mampir sini dulu... rumahku nih asli enak klo buat mampir-mampir secara jalur ke utara mudah dan ke selatan pun mudah.
Ukeeyyy... sekarang saatnya masak-masak... hemm sebenarnya aku pengen makan cake yang lembut empus-empus gitu tapi anak-anakku ga mau tak bikinin cake.. mereka kan ga hobby makan cake, beda ya.. ga kayak aku yang doyan banget makan cake. Akhirnya daripada bingung mo bikin apa... masak aja deh, yang gampang-gampang dan yang mereka doyan tentunya.
Resep kali ini masih dari buku RESEP FAVORIT KELUARGA ALA BUNDA NINA... Sapi Lada Hitam... suka baca kan di buku menu resto... salah satunya ada menu Sapi Lada Hitam... naaahhh sekali-sekali dong masak sendiri heheee

Sapi Lada Hitam

Bahan :

300 gr daging sapi has dalam, potong2
1 buah paprika, potong2
1 buah bawang bombay, potong2
3 siung bawang putih, cincang kasar
2 cm jahe, memarkan
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1/2 sdt gula pasir
1 sdt garam
100 cc air kaldu
1 sdt maizena larutkan dengan sedikit air.

Bumbu marinasi :

5 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
2 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdt lada hitam, tumbuk kasar.

Cara membuat :

1. Campur semua bahan untuk marinasi, aduk rata. Tambahkan daging sapi, aduk rata kemudian diamkan selama 1 jam.

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum.

3. Masukkan daging beserta bumbu marinasinya, aduk rata. Selanjutnya masukkan potongan paprika.

4. Tuang air kaldu, garam dan gula. Masak daging hingga empuk dan kuah menyusut. Terakhir masukkan larutan maizena, didihkan sekali lagi dan matikan api.

5. Angkat dan sajikan.

** jika pengen rasa paprika yang masih kriuk sebaiknya dimasukkan waktu menjelang matang aja.

** jika males mencincang ato menghaluskan bawang putih kalian bisa menggunakan parutan keju untuk menghaluskan bawang putih.



Ga beda sama yang kemarin, yang ini juga anakku doyan banget. Tau ga ...klo anak-anakku pada doyan jadi semangat aja masaknya hihiii... yakin ibu-ibu yang lain juga setuju deh :)
Oiya... apa beda lada putih dan lada hitam ? sebenarnya dari tanaman yang sama hanya saja lada hitam didapat dari buah lada yang hampir busuk dan mengering karena sinar matahari sehingga mempunyai bagian kulit yang kehitaman sedangkan lada putih diperoleh dari lada yang sudah matang, proses selanjutnya yaitu merendam dengan air garam supaya kulitnya terkelupas dan meninggalkan hanya bagian dalamnya saja. Lada hitam rasanya tidak sepedas lada putih tapi lada hitam mempunyai jejak aroma yang khas.
Apakah boleh mengganti lada hitam dengan lada putih ? boleh aja tapi kalian akan kehillangan aroma khas lada hitam.
Okaayyy.... tetep jaga kesehatan ya Moms biar bisa masak-masak enak buat keluarga tercintah.
Selamat siaaang, Happy Cooking Moms ^^







FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 14:37:00

0 komentar:

Post a Comment

.