BEEF TERIYAKI

Posted by


Bismillah ...

Masih suasana lebaran kan yaa... vivi mo ngucapin TAQOBBALLAHU MINNA WA MINKUM, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Aku udah melewati lebaran ku dengan luar biasa, yaitu kakak sakit DB yang mengharuskan kami membatalkan semua rencana indah lebaran karena kakak diharuskan untuk rawat inap... finally aku dan kakak melewati malam takbir dan lebaran di rumah sakit, alhamdulillah... Allah masih memberi kesempatan untuk lebaran jauh dari keramaian... kami tidak sendiri karena banyak temennya yang merayakan lebaran disana :) disaat yang sama... adek juga sakit, dengan gejala yang nyaris sama dengan kakak tapi ga sampe rawat inap... dan kami bagi tugas, aku sama kakak ada dirumah sakit dan mas Fitri dirumah rawat adek hehee...
Hari ini mereka berdua udah baik-baik aja dan udah doyan makan, alhamdulillah yang tak terhingga pokoknya.

Daaan ini adalah hari pertama umek didapur setelah pulang dari rumah sakit, yeayy !!
Oiya... sebelum puasa tuh.. aku dapat kiriman buku dari mbak Nina, aaahhh ini bener-bener bikin aku baper  maksimal secara sapalah aku ini hingga mbak Nina masih menganggapku ada, pokoke wes maturnuwun sanget Mbak Ninaa #hug...  Buku itu adalah buku ke 2 nya mbak Nina dengan judul RESEP FAVORIT KELUARGA ALA DAPUR BUNDA NINA ... buku setebal 283 halaman tercover cantik dengan foto-foto yang amat sangat menarik, foto-foto yang hanya dengan melihatnya kita udah langsung kebawa dengan kenikmatan masakannya, hmm bener-bener luar biasa tukang potonya yaa dan itu semua mbak Nina sendiri food stylist nya ... coba bayangin ... dari nyiapin bahan, mengolah hingga menjadi masakan yang siap dihidangkan dan disantap selanjutnya menentukan tema untuk foodphotography nya, menentukan pernik-pernik/properti apa aja yang mo dipake, kemudian menata dimeja dan mengatur pencahayaannnya hingga proses editing.... dilakukan sendiri ?? iyaaaa !!! ... dan aku hanya bisa bilang "WOW!!" untuk mbak Nina.
Dalam buku tersebut ada 120 Resep yang lagi hits di Instagram, beberapa udah aku coba selama puasa kemarin hanya saja ga kepoto karena masaknya udah menjelang maghrib... udah ga kepikirlah mo buka studio hihiii.. Dan kali ini aku bikin Beef Teriyaki, resepnya ga ada yang aku rubah, sama persis dengan yang dibuku hanya aku pake dagingnya 500gr kalo diresep pake 400gr. Bumbu diresep cukup untuk daging 500gr lhoo juga proses marinasinya.. klo  dibuku selama 1 jam, aku hanya setengah jam aja karena dagingnya udah tipis-tipis banget. Dan untuk dagingnya niiiihh... aku pake Gyudon Wagyu Sliced Beef... dagingnya ora tukuuu hahaa .. tapi aku dikasih temennya mas Fitri, 1 tray beratnya 500gr (aahh.. anak manis rejekinya selalu dobel-dobel lhoo, alhamdulillah thok pokoe wes hihiii )
Beneran deh... seumur-umur aku baru kali ini liat bentuknya daging-dagingan kayak gitu. Klo matengnya tuh kayak menu daging-dagingan yang dijual di resto-resto jepang ... H*kB*n ato Yos**noya ... selama ini hanya liat bentuk matengnya aja hihiii... betapa ndesonya diriku inniiihhh hikz
Jadi dagingnya tuh udah diiris tipis-tipis gitu (siap pake gitu deh) dan agak berlemak, termasuk jenis-jenis daging yang tidak perlu waktu lama untuk mematangkannya. Berharap semoga dikasih lagiiii karena disini ga ada yang jual hahaa... (ngarep boleh dong yaa..hihii)




Beef Teriyaki

Bahan :
500 gr daging gyudon ato daging has dalam
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1 buah bawang bombay, potong2
2 sdm minyak untuk menumis
200 cc air

Bumbu untuk rendaman :
3 siung bawang putih, haluskan
4 sdm saus teriyaki
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt minyak wijen
1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat :

1. Aduk semua bahan bumbu rendaman. Kemudian tambahkan daging, aduk rata. Diamkan selama 30 menit.

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging yang sudah di marinasi selama setengah jam. Aduk rata. Tambahkan air, garam dan gula. Aduk rata. Diamkan hingga matang dan air agak menyusut.

3. Hidangkan dengan taburan wijen sangrai.

* Dibuku waktu marinasinya selama kurang lebih 1 jam tapi karena daging udah tipis-tipis banget maka aku hanya marinasi selama setengah jam saja.

* Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam.

* Diresto-resto Jepang biasanya disajikan dengan nasi dan salad.





Ini beneran enak, anak-anakku doyan banget...  mereka bilang "huwaaa ini kayak di h*kb*en ato yos**noya, enaaakk" ... hmm bahagia banget liat mereka lahap banget makannya secara abis sakit jadi harus banyak maem. Akhirnyaa... dari aku... ini layak dicoba, yakin pasti jadi menu favorit keluarga deh. Tunggu ya .. aku akan bikin apa lagi dari buku itu, hehee... yang udah ga sabar pengen kepo-kepoin bukunya silahkan ubeg-ubeg Gramedia ato hubungi langsung IG @bundanina_kitchen

Mbak Nina sukses terus untukmu yaa... barokallah, jazakillahu khoir ^^

Tetep jaga kesehatan dan Happy cooking Moms ^^
Selamat soreee...



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 18:16:00

0 komentar:

Post a Comment

.