WEDANG RONDE

Posted by


Bismillah ...

Wedang Ronde... minuman hangat yang nikmat. Syukkaa banget sama rasanya. Sering bikin tapi beli pun juga sering. Tapi suka ga sreg kalo beli tuh... kadang rondenya terlalu lembek, kadang jahenya kurang terasa, kadang kuahnya yang terlalu manis.. maklumlah aku udah merasa manis jadi kayaknya udah ga butuh yang manis-manis... #hikz
Humm.. baru ngeh nih ternyata wedang ronde tuh bearasa dari China dan merupakan makanan tradisional disana. Orang China biasa menyebutnya dengan tangyuan,  padahal selama ini aku mengiranya dari Jogja lho hehee...

WEDANG RONDE

Bahan Ronde :
150gr tepung ketan
2 sdt air kapur
1/4 sdt garam
10 sdm air hangat (kurang lebih)
Pewarna merah dan hijau secukupnya

Bahan kuah :
500cc air
2 lembar daun pandan
75 gr jahe (geprek)
Gula pasir secukupnya

Bahan tambahan :
75 gr kacang tanah kupas (sangrai)
Ambil 2 sdm, haluskan dan tambah dengan gula pasir secukupnya.
Sisa kacang tanah sangrai biarkan utuh untuk taburan.

Cara membuat :

1. Ronde : campur tepung ketan, air kapur dan garam. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Bagi adonan menjadi 3 bagian. Tambahkan pewarna merah dan hijau secukupnya pada 2 adonan, satu bagian adonan biarkan tanpa warna.
Siapkan air dalam panci dan biarkan mendidih. Ambil adonan secukupnya kemudian isi dengan kacang yang sudah dihaluskan, rapikan dan bulatkan. Kemudian masukkan kedalam air yang sudah mendidih. Lakukan untuk semua adonan. Angkat adonan jika sudah mengapung kepermukaan.

2. Kuah : didihkan air kemudian masukkan daun pandan, jahe dan gula. Tunggu hingga mendidih kembali. Angkat.

3. Sajikan ronde dengan kuahnya kemudian tabur dengan kacang tanah sangrai.


Aku suka yang apa adanya... dengan kata lain hanya ronde, kuah jahe dan kacang sangrai aja. Sedangkan yang kebanyakan dijual-jual tuh isinya udah banyak macam... ada roti, cincau, agar-agar dll... enak juga siihh tapi aku lebih suka yang original aja hehee
Bikin kuy... klo bikin sendiri enak lho, gulanya bisa dibikin sesuai selera. Oiya.. pemakaian air kapur pada adonan fungsinya untuk mengenyalkan adonan, tidak perlu banyak-banyak karena klo kebanyakan ronde akan terasa getir.  Bisa di skip jika tidak ada.
Daaann.. ini adalah menu takjil hari ini buat aku dan doi.

Akhirnya happy Ramadhan ya buat semuanya. Tetep jaga kesehatan supaya bisa melewati Ramadhan dengan indah. Sugeng daluu.. ^^



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 19:34:00

0 komentar:

Post a Comment

.