PISANG BOLEN KEJU

Posted by



Bismillah ...

Yang kesekian kalinya bikin pisang bolen, hehee... ga ada bosennya, beneran deh. Ini tidak ada hubungannya dengan pisang yang beberapa hari yang lalu itu ya. Ini pisang beda lagi... pisang raja dikasih waktu acara buka bersama dengan Ibu-ibu Dawis sekeluarga. Karena pisangnya banyak...maka dibagi-bagilah. Tiap orang dapat bagian 5 buah pisang, kebetulan ada tetangga yang ga mau bawa pisangnya dan dikasihkan aku... huihihiiii 10 buah pisang ... langsung kepikir mo bikin pisang bolen, hanyaaa... ya begitu deh .. baru kemarin sempet bikin ooohh. Jum'at Sabtunya keMalang, acara wisuda kakak sekalian jemput kakak pulang. Dan Minggunya... harusnya badan masih terasa capek sangat tapi entah kenapa kok tiba-tiba ingat masih punya pisang raja yang kulitnya udah menghitam bubug manis dikulkas. Langsung kedapur deh... dan seketika ilang capeknya hihiii
Resepnya masih sama dengan yang pernah aku bikin dulu http://www.jajanevivi.com/2013/12/pisang-bolen-keju.html  hanya caranya aja yang aku bikin ebih mudah.
Yuk ah ceki-ceki resepnya ...

PISANG BOLEN KEJU 

Bahan-bahan

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
80 ml air
75 gram margarin

Bahan Olesan (aduk Rata):
1 kuning telur
1/2 sdt air
1/4 sdt madu

Bahan Isi:
pisang raja secukupnya
keju cheddar parut secukupnya

Cara Pengolahan :
  1. Siapkan pisang secukupnya, potong-potong. Siapkan juga keju cheddar parut.
  2. Aduk rata bahan A. Bagi menjadi 15 bagian.
  3. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Bagi menjadi 15 bagian
  4. Ambil satu bulatan adonan B kemudian giling memanjang. Oleskan adonan A diatas adonan B  (2/3 bagian aja ya ngolesnya, 1/3nya biarkan tanpa olesan. Seperti membuat kulit pastry) kemudian lipat bagian yang tidak dioles ke tengah dan 1/3 nya lagi tutupkan diatasnya. lakukan hingga adonan habis. Selanjutnya istirahatkan 15 menit.
  5. Setelah 15 menit, giling adonan melebar. Letakkan pisang dan keju parut di tengah kemudian lipat sisa adonan hingga menutupi isinya. Lakukan hingga habis.
  6. Tata diloyang, oles dengan bahan olesan. Tabur dengan keju parut.
  7. Panggang  dengan 180 derajat celcius kurang lebih 30-40 menit, tergantung oven masing-masing ya.


Duuhh... beneran deh, temen buka yang ennaaakk banget setelah kurma. Rasanya ga bikin bosen, suwer lhoo. Luangkan waktu kalian untuk bikin ini.... klo bisa bikin knapa harus beli ... ya kan..ya kaann :D
Tapi ini bukan model kue-kue yang anakku doyan... semalam dia ga makan sama sekali, kayak males-males gitu deh liat bentuknya. Hheemmm tunggu ntar malam ya kaaak... pokoe tak paksa makan deh, tak suapin !!! hihiii :P
Baiklah... selamat beraktifitas Senin ya buat semua..
Happy Ramadhan, happy Baking Moms

yang mo kepoin step by stepnya, simak video dibawah ini yaa




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 10:18:00

0 komentar:

Post a Comment

.