KUE UNTIR-UNTIR WIJEN

Posted by



Bismillah...

Ini salah satu jajanan tempo DOELOE, banyak yang jual tapi lebih asik klo bisa bikin sendiri apalagi bikinnya rame-rame bareng anak-anak, dijamin syerruuu hahhaa... Beberapa waktu lalu aku udah pernah bikin kue ini disini ya... resepnya masih sama dengan yang dulu.
Semoga bisa jadi alternatif untuk isian toples lebaran.

KUE UNTIR-UNTIR WIJEN

Bahan :
200gr tepung terigu (segitiga biru)
50gr tepung tapioka
50gr gula halus
1/2sdt garam
1/4sdt vanilla bubuk
1 1/2sdm wijen
1 butir telur
30gr margarin
3sdm air
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Tambahkan telur, margarin dan air. Aduk rata dan uleni hingga kalis. Diamkan adonan selama 15 menit.

2. Tipiskan adonan. Aku pake gilingan pastel, pertama dengan ketebalan no 1 kemudian dengan ketebalan no 3. Potong adonan dengan panjang kurang lebih 7cm, selanjutnya potong lagi dengan menggunakan potongan stik pada gilingan pastel atau bisa juga ditipiskan dengan rolling pin.

3. Memilin adonan : pertemukan ujung adonan kemudian dipilin/diuntir dan rekatkan masing-masing ujungnya. Lakukan hingga adonan habis.

4. Goreng adonan hingga matang. Biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke toples.

Untuk 380 gram



Jika ga suka wijen boleh diskip wijennya, ato bisa juga dibikin 2 warna, coklat dan putih. Tapi yang wijennya nih rasanya lebih gurih. Oiya ini ga alot lho, empuk kress gituu.. bikin yuk.. itung-itung latihan kesabaran dengan meng"untir" adonan satu-satu.. hihii

Selamat malam semua, selamat beristirahat bersama keluarga


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 19:12:00

0 komentar:

Post a Comment

.