KUE TALAM ABON

Posted by


Bismillah ...

Hallooo... selamat malam.semua, udah pada makam malam blom ? Klo blom kesini aja aku kasih kue Talam hehee ..
Udah lama nih ga bikin kue tradisional... kali ini bikin kue Talam Abon ya, rasanya gurih. Ini pertama kalinya bikin kue talam dengan rasa gurih, klo kue talam yang manis udah pernah bikin tuh.. coba liat-liat deh dihalaman-halaman sebelumnya. Sebenarnya bikin ini gara-gara Sabtu kemarin waktu arisan salah snacknya adalah kue talam gurih ini, hehee kuramg nih critanya ya viii :D
Oiya.. tadi waktu bikin tuh udah khawatir ga jadi aja.. secara aku pengen kue talam yang lembut banget dengan ada lapisan gurihnya diatasnya. Cari-cari resep... tertarik pada resepnya Femina. Langsung deh eksekusi sesuai resep. Daaaann setelah jadi adonan, terlihat adonannya nggumpal banget mirip adonan untuk bikin kue Nagasari. Duhh... salah dimana nih aku, sedangkan tadi pas masaknya aja ga sampai meletup-letup kayak mo bikin bubur. Kepikir salah resep juga siih... tapi yasudahlah lanjut aja ... dan ternyata hasil akhirnya seperti yang aku bayangkan.. kue talam abon yang  enak dan lembuuut banget plus ada lapisan gurihnya diatas. Yeayy !!

KUE TALAM ABON

Bahan lapisan bawah :
500cc santan
100gr tepung beras
50gr tepung tapioka
1sdm gula pasir
1/2sdt garam
1 lembar daun pandan

Bahan lapisan atas :
250cc santan kental
4sdm tepung beras
1/2sdt garam

Pelengkap :
- Daun seledri secukupnya (aku pake daun jeruk yang dipotong memanjang)
- Cabe merah, potong melintang
- Abon ayam atau abon sapi secukupnya

Cara membuat :

1. Lapisan atas : masak santan, tepung beras, tepung tapioka, garam dan daun pandan dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Biarkan hingga mengental saja, ga perlu sampai meletup2. Tuang adonan di cetakan yang telas dioles minyak goreng. Tekan-tekan dan rapikan yaa. Lakukan hingga semua adonan habis. Selanjutnya kukus di kukusan yang telah dipanaskan selama 10 menit.

2. Selama mengukus, siapkan untuk lapisan atasnya. Campur semua bahan lapisan atas, aduk hingga tercampur rata. Kemudian tuang diatas adonan lapisan bawah yang sudah dikukus selama 10 menit. Kukus kembali selama 15 menit.

3. Setelah 15 menit, keluarkan kue dari kukusan. Diamkan hingga benar-benar dingin sebelum dikeluarkan dari cetakan. Hias kue dengan abon, potongan cabe merah dan daun seledri.
Siap dihidangkan.



Kue Talam ini bisa dijadikan untuk isian snackbox, snack arisan, temen minum teh sore hari ato buat hantaran juga oke kok. Pada dasarnya untuk membuat jajan pasar tuh bahannya hanya itu-itu aja jadi klo pengen enak ya gunakan santan kental (jangan yang instan ya) pasti deh rasanya dijamin enak pake banget hehee... dan bikinnya pun cenderung mudah dan anti gagal hanyaaa emang butuh kesabaran ekstra :)
Ukey.. segini aja ya, selamat menikmati malam bersama keluarga.
Sugeng dalu Moms ^^





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 19:34:00

0 komentar:

Post a Comment

.