CINNAMON ROLL

Posted by


Bismillah ...

Cinnamon Roll adalah rerotian yang bentuknya melingkar dengan taburan kayu manis disetiap lingkarannya.. konon ceritanya kue ini berasal dari Swedia (kira2 Swedia di sebelah mana ya ?) .. menurutku siih untuk membuat kue ini bisa pake resep roti apa aja... jadi jika kalian punya resep roti andalan bisa aja digunakan. Harusnya bagian atas kue ini ada glaze nya... untuk glazenya bisa pake icing sugar ato cream cheese tapi kyk gini aja udah enak kok hehe. Ukey.. buat yg pengen dan mo bikin aku share resep yaa... sssttt bagi yang males ngulen kalian bisa pake handmikser lhoo kayak aku 😁 .. ayo ayoo mainkan miksernya hihii ... eitss lupaaaa rasanya enak banget, empuuk dengan aroma kayu manis dimana-mana, hmm seksih pokoknya 😄

 CINNAMON ROLL

Bahan :

250gr tepung cakra
40gr gula
50gr telur (tanpa kulit)
120cc air hangat
1sdm susu bubuk
30gr margarin
1/4sdt garam
Gula palem secukupnya untuk taburan.
Butter atau margarin secukupnya untuk olesan.
Kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan.

Cara membuat :

Campur tepung, gula, susu bubuk, fermipan dan telur, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Terakhir tambahkan margarin/butter dan garam. Uleni hingga kalis elastis. Bulatkan dan diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. Setelah mengembang kempiskan adonan, selanjutnya gilas adonan kurang lebih 0.5cm, oles rata permukaannya dengan butter (boleh pake margarin) kemudian tabur gula palem dan kayu manis bubuk, ratakan. Gulung adonan dan rapatkan bagian ujungnya supaya tidak terlepas waktu dipanggang. Potong-potong dan letakkan dalam cup roti atau bisa juga tata diloyang/pinggan tahan panas. Diamkan hingga mengembang 2 kali. Oles susu cair dan panggang dengan suhu 180 derajat celcius. Setelah kue matang, panas-panas oles dengan butter atau margarin (ga dioles juga ga apa2)

 ** susu cair yang untuk olesan bisa diganti dengan kuning telur yg dicampur susu cair.

** gunakan pisau yang tajam untuk memotong adonannya supaya hasilnya rapi atau bisa menggunakan benang yg dilingkarkan kemudian ditarik.




Happy baking ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 05:43:00

0 komentar:

Post a Comment

.