ROTI SOBEK HITAM

Posted by


Bismillah ...

Pernah denger ato pernah liat kan ada rerotian warna hitam ? pizza ato burger ? hmm.. pasti kalian lebih dulu tau daripada aku hehee... maklumlah karena akhir-akhir ini aku jarang mengelilingi dunia maya jadi sekarang aku jadi kurang update tentang kue-kue yang lagi trend dikota-kota besar.
Baiklah... sependek yang aku tau roti hitam pada dasarnya sama dengan roti-roti pada umumnya hanya ada penambahan warna hitam yang konon katanya didapat dari arang bambu (bamboo charcoal). Arang bambu ini bukan arang sisa pembakaran lho ya tetapi dari zat karbon yang telah melalui tahap proses pemurnian sehingga bisa dipastikan aman untuk dikonsumsi karena tidak mempunyai kandungan dari zat kimia yang lain. Kalian bisa mendapatkannya di toko bahan kue dalam bentuk udah dikemas plastik setengah kiloan gitu, Setengah kilo tuh buanyak banget, bisa untuk berkali-kali bikin kue secara pemakaiannya hanya sedikit. 

Arang bambu tidak hanya untuk membuat rerotian saja tapi bisa juga untuk membuat cake, nasi hitam, mie hitam, cendol hitam juga beberapa jajanan tradisional.
Kali ini aku bikin roti kasur hitam, beberapa waktu lalu udah pernah bikin siih... burger hitam tapi ga sempet kepoto hihii... karena lagi rempong-rempongnya jadi udah ga mikiri kamera, hehee lagu lamaa viviiii.

Untuk arang bambunya aku dikirimi Mbak Yuri, yang kebetulan waktu dia lagi ke TBK dan woro-woro hihii... jadinya aku nitip deh... eehh.. setelahnya malah ga boleh bayar, digratiskan booo, hmm rejeki anak manis lah yaa ...

ROTI HITAM 

Bahan :
200gr Tepung terigu protein tinggi
20gr Gula pasir
3gr Garam
5gr Susu bubuk
2sdt Arang bambu bubuk
100cc Air
3gr Fermipan
30gr Telur yang uda dikocok (telur utuh dikocok kemudian ditimbang 30gr)
25gr Margarin
Susu cair untuk olesan
Wijen secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

Campur tepung, gula, fermipan, arang bambu, susu bubuk dan telur. Aduk rata, kemudian tuang air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis. Terakhir tambahnya margarin, uleni lagi hingga elastis. Kemudian bulatkan adonan, diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. Kempiskan adonan, timbang atau bagi adonan menurut selera. Bulatkan (rounding) kemudian diamkan kembali hingga mengembang, berapa lama ? tergantung suhu ditempat masing-masing. Kemudian oles roti dengan susu cair dan tabur wijen, selanjutnya oven roti dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang, kurang lebih 15-20 menit. 




Dan beginilah hasilnya... motonya barusan aja... pas mendung gelap (semoga hujan yaa... sekarang nih mendung gelap tapi sumuuuuuk banget). Itu olesnya pake sisa telur yang dicampur diadonan tuh tanpa dicampur air... kurang cantik ya, aku lebih sreg dioles susu cair aja, hanya sayang aja tadi sisa telurnya hehee... daaaann sengaja ga aku sobek karena roti hitam ini akan aku jadikan Roti ala Roti Jhon gitu tapiiii ntar bikinnya nunggu anak-anakku datang, sekarang mo aku bekukan dulu, hihiii kayaknya sih lembut banget. Oiya rasa roti yang ada arang bambunya ituuu... agak ada kres-kresnya gitu deh tapi enak kok. Ayo coba bikin deh... ntr klo anak-anakku datang aku mo bikin pizza, si moza nya udah beli tuh hehee... aaahh ga sabar aja nunggu liburan, hmm... udah kangen kumpul mereka, bikinin mereka apa-apa yang dia mau, udah kebayang deh... ^^

Diluar mendung gelap banget dan udah mulai denger suara gluduk tapi didalam rumah gerah banget. Udah dulu yaa, klo sore ini hujan aku pengen hujan-hujanan, hihiii
Selamat sore semuaaa... ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 15:30:00

2 komentar:

  1. Rajiiiiiinnnn, aku lg gak punya ide roti mbakyu. Pingin baking roti cuma belim ada ide

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Rina...
      Maaf baru jawab, lg rempong nih di dunia nyata sampe blog terabai hihii..
      Pasti udah bikin nih rotinya yaa

      Delete

.