OREM-OREM TONGKOL

Posted by


Bismillah ...

Hari pertama dibulan Oktober nih, semoga bulan ini lebih baik dari bulan kemarin.
Untuk mengawali dibulan Oktober aku post tentang masakan yaa... hmm sedikit cerita nih, sejak kami tinggal berdua aja disini, aku jadi jarang masak-masak... terutama masakan yang ruwet. Biasanya kami masaknya yang gampang-gampang aja ... kayak tumis-tumisan gitu deh hihii... kecuali klo pas mo ke anak-anak terus mereka minta masakin kesukaan mereka... nah itu baru ruwet. Ato klo pas anak-anak datang... uhhh pasti deh pasti deh tambah ruwet masakin mereka. Bulan depan nih mereka liburan... pasti akan banyak request, kakak tuh suka tulis masakan apa yang dia mau ... klo adek siih ngikut aja :D ... pokoknya seru banget kalo mereka datang :D :D
Hmm.. kali ini aku masak orem-orem tongkol, karena disini dekat dengan laut jadi ga susah klo mo cari ikan-ikanan. Mo yang pindang, yang segar ato yang uda dipanggang.. tukang sayur suka bawa tuh. Ato klo pengen lebih banyak pilihan bisa langsung kepasar ato ke pasar ikan yang deket pelabuhan sana. Kalo aku sih cukup ditukang sayur aja ato ditukang ikan yang suka lewat depan rumah. 

OREM-OREM TONGKOL

Bahan :
2 ekor Ikan tongkol ukuran sedang, potong jadi 2
2 lembar Daun salam
5 buah Belimbing, potong-potong
5 buah Cabe hijau, potong-potong
250 cc Santan
1 sdt Garam
1 sdt Gula
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
5 butir Bawang merah
3 siung Bawang putih
2 butir Kemiri 
1 sdt Ketumbar bubuk
1 cm Kencur

Cara membuat :
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan daun salam hingga harum. Tambahkan ikan tongkol, aduk rata. Biarkan ikan hingga berubah warna. Kemudian tuang santan, tunggu hingga santan agak meresap. Tambahkan belimbing, cabe hijau, garam dan gula. Tunggu hingga mendidih, tes rasa... jika udah pas angkat. Sajikan dengan nasi hangat. 


Ini rasanya enak, seger-seger gitu... belimbing wuluhnya tuh yang  bikin seger. Bisa juga ditambah tahu dan tempe... hwiiii tambah asik tuh. Semoga bisa menjadi inspirasi menu hari ini yaa...

Selamat beraktifitas Kamis, selamat puasa sunnah bagi yang puasa...
Happy Cooking Moms ..^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 09:11:00

1 komentar:

.