LOPIS

Posted by



Bismillah ...

Haii... apa kabar kalian ? hmm beberapa hari ini males ga bikin-bikin, pengen poto-poto tapi males bikin-bikin, gimana tuh... males kora-koranya juga ihh (kora-kora = cuci perabotan, piring panci dll) 
Tiap mo bikin-bikin yang kebayang adalah perabotan yang kotor setelah dipake bebikinan itu.Aaahh udah pusing duluan rasanya. Oiya ... sempet bikin Kue Bikang siih, tapi sukses gagal, hehee... jadi Bikangnya tuh bantet dan keras banget, kayaknya sih kurang santan hihiii... udah ah, lupakan bikang itu, gara-gara bikang tuh aku di bully abis-abisan sama temen-temen di grup, hihihiii

Sekarang bikin Lopis aja yuk, sebenarnya udah pernah bikin beberapa waktu yang lalu, klo sekarang bikin lagi itu karena lagi punya beras ketan dan daun pisang dikasih umik waktu pulang ke Tempeh beberapa hari yang lalu. Ntah ada berapa kilo tuh beras ketannya ... perasaan kok ga habis-habis. Ini aja masih ada, ga tau mo dibikin apa lagi. 
Oiya... tentang Lopis nih, Lopis adalah jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan murni, kemudian dibungkus daun dan direbus dalam waktu yang lama untuk mematangkan beras ketannya. hmm aku yakin kalian pasti udah pada pinter bikinnya. Buat yang blom pernah bikin, yuk liat resep dan cara bikinnya yaa...

LOPIS 

Bahan :
250gr Beras ketan, rendam 2 jam kemudian tiriskan
1sdm Air kapur sirih
1/2sdt Garam
Kelapa parut secukupnya
Daun untuk membungkus secukupnya.

Sirup Gula Merah
150gr Gula merah
300cc Air
1lmbr Daun pandan
--------------------------- rebus semua bahan hingga gula larut dan mengental.

Cara membuat Lopis :

1. Campur beras ketan, garam dan air kapur, kemudian aduk hingga rata.

2. Ambil selembar daun (lebar daun kurang lebih 7cm), kemudian bentuk daun menjadi contong, selanjutnya isi dengan beras ketan, lipat masing-masing sisinya hingga membentuk segitiga. Sampai disini... ujung daun boleh kalian rapikan dengan lidi ato bisa juga diikat pake tali. Lakukan hingga beras ketan habis dan terbungkus semua. 

3. Siapkan panci isi air jangan terlalu penuh ya dan biarkan mendidih. (kira-kira aja, yang ketika direbus lopisnya kerendem semua). Masukkan Lopis yang sudah terbungkus kedalam air mendidih. Rebus dengan api kecil hingga 1,5 jam. Jika sekiranya air rebusan menyusut tambah lagi dengan air mendidih

4. Hidangkan Lopis dengan taburan kelapa parut dan sirup gula merah.


 yang diatas itu Lopis yang baru dibuka dari bungkusnya 



Heii... aku sukaaaa benget, hihiii... walopun rebusnya lama tapi terbayar dengan rasanya yang enak banget hihiii... Jujur nih... Lopis ini banyak dijual disini dan harganya juga ga mahal-mahal banget tapi klo bisa bikin sendiri itu sesuatu banget deh hihii....
Bikin yuk, gampang juga kan bikinnya. Oiya... membungkusnya harus rapat yaa karena klo ga rapat bisa jadi beras ketannya keluar ato airnya masuk kedalam dan membuat Lopis jadi lembek.

Baiklah... segini aja yaa... Selamat malam, selamat menikmati malam minggu ...^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 20:32:00

0 komentar:

Post a Comment

.