AYAM BAKAR BUMBU UNGKEP

Posted by



Bismillah ...

Selamat siang semua... apa kabar hari ini ? tetep jaga kesehatan ya, banyak temen yang udah pada crita tentang hujan deras.. tapi sebagian juga masih sama kayak aku... menunggu hujan, hihii... disukuri aja ya temen-temen, apapun itu pasti yang terbaik yang Allah kasihkan ke kita...

Hmm... masak apa kalian hari ini ? tentang ayam bakar pasti udah ga asing lagi kan ?  dulu aku pernah bikin ayam bakar bumbu kuning, ayam bakar bumbu rujak juga pernah... sekarang bikin ayam bakar bumbu ungkep. Sebenarnya ini udah bikin kemarin siih... biasanya klo lagi masak masakan yang berbumbu seperti kare, opor, soto dll .. agar rasa bumbu meresap sempurna masakan harus dimasak sehari sebelumnya ... hmm dijamin rasa bumbunya udah mantap banget deh ... dan ini aku bikin kemarin dan tadi pagi baru dibakarnya, dibantuin si dia... sekalian buat sarapan si dia hehee... tapi sarapannya harus nunggu setelah selesei dipoto-poto... hihiii.. begitulah.. udah apal dia siih.

AYAM BAKAR BUMBU UNGKEP

Bahan :
1 kg Paha ayam, (4 paha utuh), cuci bersih dan balur dengan air jeruk nipis biar ga bau amis.
2 btg Sere, geprek
2 cm Lengkuas, geprek
3 lbr Daun salam
3 lbr Daun jeruk
500 cc Air
Garam dan gula secukupnya
Kecap secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
8 btr Bawang merah
5 siung Bawang putih
2 ruas Kunyit
3 btr Kemiri
1/4 sdt Jinten
1 sdm Ketumbar bubuk
1 sdt Merica bubuk

Cara membuat :

1. Campur bumbu yang udah dihaluskan dengan lengkuas, sere, daun jeruk, daun salam, garam dan gula. Tambahkan ayam kemudian tuang air. Rebus hingga bumbu meresap dan ayam empuk. Tiriskan ayam  yang sudah matang dari bumbu rebusan.

2. Panaskan panggangan. Siapkan kecap secukupnya aja, kemudian tambahkan air rebusan ayam tadi (jangan terlalu encer ya). Oles seluruh permukaan ayam dengan kecap, kemudian panggang sambil dioles dengan kecap. Siap dihidangkan.

** Kalo ingin tambah legit boleh ditambah gula merah pada air rebusannya. Ato air rebusannya diganti dengan air kelapa, hmm tambah endess deh.


Tarrraaaa... inilah hasilnya,  tinggal siapin nasi hangatnya aja kan ?
Jangan tanya mana nasiku kok ga ada dipoto... hmm kami jarang sarapan sama nasi kecuali klo ada request sarapan nasi ato kalo ada Ara Tia lg dirumah. Ehhh... ini bener-bener buat sarapan tadi pagi lho... jadi selesei poto-poto langsung di makaaann... karena takut kesiangan doi brangkat kerja hahaa
Udah ya segini aja dulu... aku mo cari yang dingin-dingin... gerah nihh.

Selamat beraktifitas Selasa, semoga selalu berkah ...^^
Happy cooking Moms ... :)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 09:58:00

0 komentar:

Post a Comment

.