WECI, OTE-OTE, BAKWAN SAYUR

Posted by


Bismillah ...

Kue yang satu ini punya nama banyak sekali, kalo di Lumajang dan sekitarnya  kami biasa menyebutnya dengan ote-ote ato weci, kalo di Probolinggo dan sekitarnya biasa disebut dengan kue tiram, kalo di Banyuwangi mereka biasa menyebutnya dengan Kue hongkong, ada juga yang menyebutnya dengan bala-bala, daaann satu lagi... bakwan sayur... hehee ... banyak kan namanya. Kayaknya masing-masing daerah punya nama sendiri-sendiri deh. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu dan sayur-sayuran (touge/kecambah, kobis dan wortel), penambahan sedikit tepung beras hanya supaya kue terlihat lebih kokoh aja, misalnya ga punya tepung beras ga pake pun juga ga masalah.
Kue ini benar-benar mengingatkan aku ke masa kecilku... dulu Umikku biasa bikin untuk dijual ..hmm jadiiii Vivi anak bakul jajan ?? iyess ... bener banget, ada masalah kah ??? hehee 
Karena kami suka ... jadi aku sering bikin, hanyaaa klo biasanya tanpa ukuran ato asal brakbruk aja (like a pro lah pokoknya hehee) untuk kali ini bener-bener diukur dan ditimbang karena ini adalah requestnya temenku yang unyu-unyu tapi "menyebalkan" (menyebalkannya pake tanda petik, ditebelin, dimiringin dan digaris bawahi yaa) karena klo ga pake diukur dan ditimbang pasti akan ada banyak pertanyaan yang bikin baper dan yang ga slese-slese dari ujung ke ujung... udah bisa dipastikan itu hemmm... Yang aku herankan tentang temenku itu adalah kenapa diusianya yang udah "switsepentin plus-plus" ini kok ya masih blom bisa bikin yang namanya ote-ote... perasaan kok yo ga elit blas nggawe ote-ote ae ga iso, hahaaa (aku kepingkel Ana say...) 
Baiklah untuk nyenengin dia tulis resep aja yuk.. :)

WECI, OTE-OTE, BAKWAN SAYUR

Bahan :
150gr Tepung Terigu 
4sdm Tepung Beras
100gr Wortel, serut kasar
75gr Kobis, potong-potong kasar
75gr Touge, kecambah
2tangkai Daun bawang, potong kasar
2siung Bawang putih, haluskan
1 sdt Merica bubuk
1 sdt Garam
1/2sdt Royco
200-225cc Air
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

Capur tepung terigu, tepung beras, bawang putih, royco, merica dan garam, Tuang air kemudian aduk hingga tercampur rata. Tambahkan sayur-sayurnya dan daun bawang, aduk rata. Panaskan minyak, kemudian goreng adonan dengan cara dicetak ato disendokkan kedalam minyak hingga matang.  

Apinya jangan terlalu kecil ya supaya adonan tidak menyerap banyak minyak. Jika ingin menggunakan sendok sayur sebagai cetakannya disarankan untuk merendam sendok sayurnya diminyak panas terlebih dahulu sebelum dituang adonan supaya tidak lengket tapi biasanya sendok sayur yang udah sering dipake untuk mencetak ote-ote dijamin udah ga lengkat lagi dengan catatan sendok sayur tersebut hanya digunakan untuk cetak adonan ote-ote (ga boleh digunakan untuk selain adonan ote-ote)
Jika kalian anti MSG ... penambahan royco boleh diilangi, atau kalian punya MSG yang lebih ramah buat kalian... silahkan pake itu aja. 



Ana say... udah aku tulis yaa, tidak secantik punya Iip siih karena cetakanku agak lengket-lengket gitu. Punya Iip tuh cetakannya udah okeh banget, jadi hasilnya mulus dan rapih.. hehee.. oiya klo ga punya sendok sayur bisa dengan disendoki terus dituang diminyak gitu aja ... pokoknya ga ada alasan untuk ga bikin ya hihiii... karena ini gampang pake banget... :D

Okey... selamat beraktifitas Rabo buat kalian semua, happy cooking Moms ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 10:23:00

0 komentar:

Post a Comment

.