SAMBEL GORENG TONGKOL PETE

Posted by



Bismillah ...

Pohon Petai atau kalo disini kami biasa menyebutnya dengan pohon  pete adaalah pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan. Bijinya disebut petai juga dan bisa dikonsumsi baik secara segar maupun setelah dimasak. Petai pada umumnya sebagai campuran pada masakam atau sebagai lalapan... pada masakan biasanya terdapat pada oseng-oseng, sayur santan juga krengsengan. Naahh ... bagi yang suka petai mentah biasanya dimakan sebagai lalapan. Banyak orang yang menyukai petai tapi tidak sedikit juga yang tidak menyukainya karena baunya yang kuat dan  khas banget hehee

Dirumah Tempeh ada nih pohon petai, udah lumayan gede pohonnya... sama Umik suka dijual buahnya, harganya murah banget siih tapi kalo ga dijual sapa yang mau makan secara buahnya banyak banget. Paling diambil beberapa aja untuk dibagi sodara-sodara deket rumah. Walopun dari aku kecil umik sering bikin masakan yang ada petenya tapi aku ga doyan pete, beneran lhoo... ntah kenapa aku merasanya kok ga ada yang istimewa dari rasa pete itu kecuali baunya yang bikin heboh hehee...
Kalo  akhirnya masak juga itu karena doi suka pete, dia sukanya yang udah dicampur dimasakan tapi masih ijo dan masih kriuk-kriuk gitu. Eitss... bukan berarti aku sering masak sesuatu yang ada petenya lho yaa... juaraaang banget tapi pernah hihiii 
Baiklah ... yuk sekarang intip apa yang vv masak kali ini ...

SAMBEL GORENG TONGKOL PETE

Bahan :
300gr Pindang tongkol, potong-potong
1bh Tomat, potong-potong
1bh Daun bawang, potong kasar
2lbr Daun salam
2cm Laos, geprek
Segenggam pete
300cc Santan
Garam dan gula secukupnya
Minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
5siung Bawang putih
7btr Bawang merah
3btr Kemiri, goreng sebentar
1bh Cabe merah besar (boleh ditambah rawit jika pengen pedes)

Cara membuat :

1. Goreng tongkol, sebentar aja yaa jangan sampai kering.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan daun salam dan laos hingga harum, tambahkan tomat dan tongkol aduk rata. Tambahkan sedikit air, biarkan hingga bumbu meresap. Kemudan tambahkan santan, aduk rata... biarkan hingga santan agak menyusut. Terakhir tambahkan pete, garam, gula dan daun bawang, aduk rata. Angkat dan sajikan.

**Karena ga suka pete yang terlalu mateng jadi masukin petenya terakhir aja.



Liat tuh petenya .... uuuhhh menggoda kaann, tinggal siapin nasi angetnya nih :D ... oiya bisa juga dicampur dengan tahu dan tempe, jadi  isinya terdiri dari tahu tempe dan tongkol ...3T ... hehee komplit  deh.. Yuk bikin ... mumpung lagi musim pete nih. Udah ah .. segini aja, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi memasak hari ini. Happy Cooking Mom's

Kami sekeluarga mengucapkan duka yang mendalam untuk sodara dan teman yang terkena bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala. Semoga diberi ketabahan dan kekuatan dalam menghadapinya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 07:41:00

0 komentar:

Post a Comment

.