KETAN SARIKAYA PANDAN

Posted by



Bismillah ...

Indonesia terdapat banyak sekali kue-kue tradisionalnya ... masing-masing daerah punya jajanan yang khas. Pengennya cobain satu-satu heehee.. klo lagi lupa diet, ahaaiii yang ini horor banget .. pengen kurus tapi hobinya ngemil, mana ada Piiiiiii  ??!!
Kali ini aku bikin Ketan Sarikaya Pandan klo di Malaysia ato daerah Sumatera terkenal dengan nama Kue Serimuka. Dari sekian yang aku baca .. aku blom menemukan kue ini berasal darimana, tapi yang pasti kue ini ada dimana-mana... hampir setiap toko kue yang menjual jajan pasar selalu ada kue ini. 
Perpaduan antara warna putih dan hijau, putih untuk lapisan ketannya dan hijau untuk lapisan atasnya yang terbuat dari campuran tepung dan telur ... untuk warna hijaunya bener-bener dari air daun suji. Hmm... bisa dibayangkan rasanya.... gurih, manis, legit, lembut ditambah aroma pandan yang menggoda.

Kebetulan nih punya ketan (dikasih umik kemarin waktu pulang hehee), punya santan juga daaaaan punya air pandan sisa bikin Lumpur surga beberapa waktu lalu yang aku simpan di freezer. Waktu itu sengaja bikin banyak karena mo nyoba gimana jadinya jika dsimpan dalam freezer ... hmm ternyata baik-baik aja. Warnanya masih cantik dan aromanya juga masih ok. Dan santannya juga, santan asli yang aku bekukan dan baik-baik aja juga... tidak merubah rasa walopun udah dibekukan lama. Ceritanya ... waktu pulang bulan kemarin di bawain kelapa 4 biji sama budhe ku, tadinya sih minta ke umik karena umik blom panen jadi aku minta budhe... ga tanggung-tanggung dikasih 4 biji lho hihiii  4 biji tuh dikit klo waktu itu aku bilang kurang pasti dikasih lagi deh hihiii... ketauan ya klo Vv asli wong ndeso, hahaa.. dari kelapa yang 4 biji itu aku jadikan santan semua dan masukin freezer dalam keadaan udah aku kemas untuk sekali pake. Jadi klo sewaktu-waktu pengen bikin-bikin pake santan tinggal keluarin dari freezer dan diamkan disuhu ruang... Oiya kemarin waktu pulang aku ditawari lagi sama umik mo bawa kelapa kah ? hahaa... aku bilang "engga mik, santene vv sik akeh " :D :D :D

KETAN SARIKAYA PANDAN

Bahan I :
250gr Beras ketan, rendam selama 2 jam
200cc Santan
1/2 sdt Garam
1 lbr Daun pandan

Bahan II :
2 btr Telur
300cc Santan kental
100cc Air pandan suji
100gr Gula
50 gr Tepung terigu
15 gr Tepung beras
1/2 sdt Garam

Cara membuat :

1. Tiriskan beras ketan, kukus kurang lebih 15 menit dengan daun pandan. Selama mengukus ketan, rebus santan hingga mendidih (matikan api), kemudian masukkan ketan yang sudah dikukus ke dalam santan mendidih, aduk-aduk hingga santan terserap habis. Kemudian tuang ketan aron ke dalam loyang ukuran 20x20cm yang sudah dialas  plastik atau daun pisang dan dioles minyak goreng. Ratakan sambil ditekan-tekan yaa..

2. Campur bahan II, aduk-aduk hingga rata kemudian masak dengan api kecil hingga adonan mengental (selama dimasak harus diaduk-aduk terus supaya ga gosong dan adonan ga menggumpal). Kemudian tuang adonan pandan diatas ketan dan kukus dengan api sedang selama 30 menit (kukusannya dipanaskan terlebih dahulu).

3. Keluarkan kue dari loyang ketika kue sudah bener-bener dingin. Potong-potong dan sajikan.

- Gunakan api sedang ketika mengukus karena jika apinya terlalu besar permukaan kue akan bergelombang.




Penggemar jajan pasar... ini layak dicoba. Rasanya enak banget suwerrr... bikinnya gampang juga... hmm kayaknya ini kue langsung jadi deh... ga pake gagal-gagal. Klo kalian ga punya daun suji bisa pake pasta pandan, pemakaian santan jadi 400cc ya tapi warnanya ga secantik klo pake air daun suji. Ato kalian boleh minta daun sujinya ke aku... hihiii didepan rumah tuh subur banget pohonnya... sesubur yang punya tentunya hahaa...
Udah yaa... selamat siang, selamat menjelang ishoma untuk temen-temen yang kerja ^^. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 11:07:00

0 komentar:

Post a Comment

.