CAKE KUKUS COKLAT PANDAN

Posted by



Bismillah ...

Waktu aku masih kecil nih semua bentuk kue yang proses pembuatannya dimikser itu disebutnya dengan ROTI... ntah itu yang proses pematangannya dikukus ataupun dipanggang... pokoknya kami menyebutnya roti aja deh. Pada waktu itu tidak banyak bentuk cake... yang paling populer adalah roti kukus dan roti ban. Yang dimaksud dengan roti kukus pada waktu itu adalah adalah bolu kukus mekrok ... dan yang dimaksud dengan roti ban adalah adonan sponge cake yang dicetak diloyang tulban. Terus ada lagi... bolu kukus yang pake santan. Naahh yang sering umikku bikin adalah roti ban dan bolu kukus santan... pada waktu itu 2 cake ini udah enak dan istimewa banget walopun rasanya standart-standart aja klo untuk ukuran cake jaman now hehee... tiap kali ada hajatan.. roti ban ga pernah ketinggalan, biasanya dipotong-potong per slice gitu kemudian di bungkus dengan tissu makan yang warna-warni  tuh, dengan bentuk seperti ini bisa buat isian snackbox/berkatan ato suguhan, hihiii lucu deh kalo ingat masa itu .. oiya masih tentang roti ban nih... klo ada hajatan kan ada meja tamu tuh naaah diatas meja tamu itu suka ada jajanan ditoples-toples buat suguhan ... diatas toples itu biasanya diletakkan roti ban utuh, diatas piring yang udah dialas dengan kertas warna-warni, roti ban itu akan tetap disitu hingga acara slese... hahaa membayangkan spongecake yang terpapar angin berjam-jam gimana rasanya... yang lahir di Tempeh dan sekitarnya dan yang seumuran denganku pasti tau ini nih...

Kali ini aku bikin cake kukus, tapi ga pake santan seperti yang umikku sering bikin dulu lho ya. Sebenarnya cake kukus yang pake santan tuh rasanya gurih banget tapi ga tahan lama karena santannya yang membuat cake cepet basi. Klo Vv disuruh milih... antara cake kukus sama cake panggang vv akan pilih cake panggang ...tapiiii klo cake kukusnya lembut... hmm bolehlah yaa hihii ... Vv kan opo-opo arep hehee :P tapi tidak untuk bolu kukus mekrok hahaa, untuk bolu kukus mekrok aku hanya suka bentuknya aja... tidak dengan rasanya :D :D

CAKE KUKUS COKLAT PANDAN

Bahan cake coklat :
2 butir Telur (suhu ruang)
1/2sdt SP
75gr Gula
50gr Tepung terigu
20gr Coklat bubuk
1sdt Pasta coklat
1 sachet Susu kental manis coklat
75 cc Minyak goreng

Bahan cake pandan :
2 butir Telur (suhu ruang)
1/2sdt SP
75gr Gula
50gr Tepung terigu
20gr Maizena
1/2sdt Pasta pandan
1 sachet Susu kental manis putih
75cc Minyak goreng

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 20x20cm, alas dengan kertas roti dan oles dengan minyak goreng. Sisihkan. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Panaskan kukusan dengan api sedang. 

2. Mikser telur, gula, pasta coklat dan SP hingga kental berjejak (ga perlu yang sampe kaku ya), turunkan kecepatan mikser... masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk bergantian dengan minyak goreng dan susu kental manis. Aduk rata. Tuang adonan kedalam loyang dan ratakan. Kemudian kukus selama 10 menit.

3. Lakukan hal yang sama untuk bahan adonan yang pandan. Kemudian adonan pandan dituang diatas adonan yang coklat dan kukus kembali selama 20 menit.

4. Klo cake pengen dihias dengan meses atau keju tunggu hingga cae bener-bener dingin kemudian oles dengan buttercream dan tabur meses atau keju parut.



Ini aku pake 2 loyang ukuran 20x10cm... klo biasanya aku lebih suka ditabur keju tapi tidak untuk kali ini karena ada temen yang bilangnya geli dengan rasa keju... hahaa... yasudahlah sebagian aku tabur meses aja biar ga geli yang liat hihiii...
Bunda Ilmida... ini resepnya yaa, ayo dikeluarin miksernya. ..dicek dulu kabelnya jangan-jangan udah dimakan tikus gara2 kelamaan ga dipake hahaa... 
Selamat pagiiiii, selamat beraktifitas Kamis buat semuanya... :)



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 08:45:00

2 komentar:

  1. Geli deh baru sekali ini ada yang merasa geli sama keju hihihi....kalo dulu sebelum doyan keju, aku gak suka baunya. Kayak bau k*tek hahahah....asem gitu. Doyan keju juga baru baru saja. Sejak ngeblog tahun 2012 lalu. Masih ingusan hihihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii.. iya lho mbak, kok yo ada orang yang geli makan kaju, kayaknya perlu terapi temenku tuh mbak.. :D
      makasih udah mampir mbak Rina

      Delete

.