ROTI

Posted by


Bismillah...

Dalam kehidupan sehari-hari kita butuh karbohidrat sebagai sumber energi. Orang Indonesia pada umumnya sumber karbohidrat utamanya adalah nasi. Sama-sama mempunyai kalori yang tinggi roti bagi sebagian orang  masih dianggap sebagai cemilan padahal roti adalah makanan berat ato bisa dibilang sebagai pengganti nasi. Banyak orang yang belom merasa kenyang walopon udah makan roti ato mereka masih mencari nasi biarpun udah makan roti 2 biji hihiii. Lebih parah lagi mereka menganggap kalori roti lebih rendah dari nasi. Dari sebuah web yang pernah aku baca kenyataannya adalah dalam 100gr nasi putih terdapat kurang lebih 175 kalori. Sementara dalam 2 lembar roti tawar terdapat 188 kalori ato satu buah roti manis ukuran sedang ditambah 2sdm selai coklat dengan berat total 80gr terdapat kurang lebih 227 kalori. Jelas kan perbandingan kalorinya antara nasi dan roti. Jadi buat kalian yang blom kenyang dengan makan roti ato hanya menganggap roti sebagai cemilan.. bisa dibayangkan kan berapa banyak jumlah kalori yang masuk ketubuh kalian.

Udaaah.. itung-itungan kalorinya cukup segitu aja klo panjang-panjang ntar kalian pada takut makan roti hahaa. Kali.ini aku bikin roti lagi pake resepnya Cook Kafemaru. Sejak anak-anakku tinggal di asrama kami berdua jadi sering banget sarapan yang bukan nasi. Aku suka nyimpan-nyimpan makanan di freezeer .. tujuannya klo sewaktu-waktu butuh untuk sarapan ato ada tamu tinggal di berdayakan aja. Biasanya aku bikin klo pas senggang. Hmm lumayanlah.. pagiku jadi ga rempong.

ROTI

Bahan :

200gr Tepung protein tinggi (aku pake tepung cakra)
20gr Gula pasir
3gr Garam
5gr Susu bubuk
100gr Air
3gr Fermipan
30gr Telur yang udah dikocok (telur dikocok dulu kemudian dtimbang 30gr)
25gr Margarin atau butter
Susu cair secukupnya untuk olesan
Wijen secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

Campur tepung, gula, susu bubuk, fermipan dan telur, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Terakhir tambahkan margarin/butter dan garam. Uleni hingga kalis elastis. Bulatkan dan diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. Setelah memgembang kempiskan adonan, bagi dengan ukuran menurut selera, tata di loyang kemudian diamkan lagi hingga mengembang. Oles susu cair dan tabur wijen.  Oven hingga matang

** susu cair yang untuk olesan bisa diganti dengan kuning telur.


Jika disimpan di freezer.. sebelum dihidangkan diamkan disuhu ruang dulu kemudian dipanaskan di atas teflon ato microwave selanjutnya tinggal dioles selai coklat ato apalah... dan jangan lupa teh ato kopi panasnya.. heiheiii.. akan menjadi sarapan yang nikmat lho.

Okey... semoga bermanfĂ at. Nih aku lagi di kereta, perjalanan pulang dari Kebumen ke Probolinggo bareng doi ^^

@wijayakusuma 00.14wib... selamat menjelang dini hari semua ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 00:14:00

0 komentar:

Post a Comment

.