PASTEL TUTUP

Posted by



Bismillah ...

Pastel Tutup, tidak mirip pastel pada umumnya. Bahan dasarnya seperti kroket yaitu kentang yang direbus kemudian dihaluskan. Bedanya klo kroket digoreng dan pastel tutup di panggang. Tentu lebih sehat karena tidak digoreng dengan minyak. Dibagian dalam nya terdapat isian berupa daging sapi atau daging ayam yang dihaluskan, wortel dan jamur kuping... atau bisa menurut selera masing-masing. Ada juga yang ditambahkan telur rebus didalamnya. Pada umumnya disajikan dalam bentuk besar dalam pinggan tahan panas tapi ada juga yang tersaji dalam bentuk personal cup.

Ini adalah yang kesekian kalinya aku bikin Pastel Tutup (resep lain bisa dilihat di postingan yang dulu-dulu). Gara-gara punya banyak kentang yang dikasih sodara dari Senduro... hmm ini benar-benar kentang dari lereng Semeru lho. Karena saking banyaknya sampe bingung mo dibikin apa aja. Udah dibikin sambel goreng kentang, donat kentang kemudian pastel tutup ini... dan masih ada lagi lho, hihiii ... ntah mo dibikin apa lagi 




PASTEL TUTUP

Bahan kulit :
500gr Kentang, rebus dan haluskan
2btr Telur
50cc Susu cair
50gr Keju parut
50gr Margarin, cairkan
Merica bubuk, pala bubuk dan garam secukupnya

Bahan isi :
200gr Daging ayam, rebus dan iris kasar
100gr Wortel, potong dadu kemudian siram air panas
Satu genggam jamur kuping yang udah direndam, potong-potong
1buah Bawang bombay, cincang kasar
1 siung Bawang putih, haluskan
1sdt Merica bubuk
1/2sdt Pala bubuk
Garam dan gula secukupnya
2sdm Margarin untuk menumis
50-100cc Susu cair (bisa diganti air)

1btr kuning  telur untuk olesan

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kulit, aduk rata dan sisihkan.

2. Isian : Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan daging ayam, wortel dan jamur kuping, aduk rata. Kemudian tambahkan susu cair atau air, biarkan mendidih. Tambahkan merica, gula, garam dan pala bubuk, aduk rata. Biarkan bumbu meresap dan air meyusut.

3. Ratakan adonan kentang didasar pinggan tahan panas, separuh aja kemudian tambahkan isian dan tutup lagi dengan adonan kentang, ratakan. Oles dengan kuning telur (bisa juga bagian atasnya ditabur keju). Panggang hingga matang (dengan tim panggang ato au bain marie)




Kalo menurutku sih ini pas banget buat sarapan, jangan bilang ga kenyang kalo abis makan ini yaa... ini kentang lho.. jangan dianggap kue dan sebagai cemilan... hahaaa... (sopo sing mbok omeli viii)
Oiya.. ini juga bisa untuk isian snackbox... ukuran personal dengan alumunium cup.
Baiklah...  semoga bermanfaat, ehmm.. mo bikin apa lagi yaa... ?? eh pamit dulu aja deh, agak ga enak badan akhir-akhir ini nih :(

Jumat Barokah ya buat semuanya ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 04:39:00

0 komentar:

Post a Comment

.