MARTABAK MANIS TEFLON

Posted by



Bismillah ...

Selamat Tahun baru Islam, 1 Muharram 1440H buat temen-temen semua. Semoga tahun ini akan menjadi lebih baik dari tahun-tahun kemarin, aamiin.
Kalo biasanya aku  bikin martabak manis pake loyang martabak yang tebel itu kali ini aku menggunakan teflon... klo mo kepoin silahkan kalian liat resep-resep martabak yang lain disini di halaman yang dulu-dulu. 
Awalnya ragu-ragu, kuatir ga jadi klo pake teflon aja... takut gosong juga hehee. tapi ternyata ga gosong dan bersarang juga. Mungkin karena menggunakan ragi ya .. jadi selama raginya masih aktif  tetep akan ngembang dan bersarang.

MARTABAK MANIS TEFLON

Bahan :
250gr Tepung terigu segitiga
50gr Gula
2btr Telur
1/2sdt Fermipan
1/4sdt Baking powder
1/4sdt Garam
350cc Susu cair (bisa diganti air)
50gr Margarin (cairkan)

Bahan tambahan dan topping : gula pasir, margarin, keju dan meses.

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu dan baking powder, tambahkan fermipan dan gula, aduk rata. Tambahkan telur dan garam, aduk rata.

2. Tuang susu cair ato air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisker hingga adonan lembut dan licin (boleh juga dimikser). Tambahkan margarin cair, aduk rata. Diamkan kurang lebih setengah jam.

3. Panaskan teflon, tuang adonan secukupnya dan ratakan kemudian tekan pinggirnya hingga membentuk pinggiran disekeliling teflon. Biarkan hingga adonan berlubang-lubang kecil membentuk sarang. Kalo lubangnya udah rata tabur gula pasir diseluruh permukaannya kemudian tutup untuk mematangkan bagian atasnya.

4. Angkat martabak manis yang udah matang, kemudian panas-panas oles rata dengan margarin. Martabak siap ditopping. 

Satu resep ini jadi 3 martabak dengan ukuran teflon diameter 20cm. Panaskan teflon terlebih dahulu sebelum menuang adonan dan gunakan api kecil.




Kalo temen-temen diluar sana udah pada bikin martabak manis yang menggunakan teflon justru aku malah baru bikin hihiii... kemana aja aku selama ini uhh. Oiya... martabak ini rasanya empuk banget beda sama martabak yang dijual dipinggir-pinggir jalan... tapi enak juga kok. Silahkan dibikin karena ga perlu pake loyang martabak kan, hehee...
Okey... selamat libur Selasaaa... aku bentar lagi mo halan-halan sama do'i ^^



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 08:07:00

0 komentar:

Post a Comment

.