CROISSANT

Posted by


Bismillah ...

Selamat pagi semua.. hari ini tanggal 20 September bertepatan dengan hari ke 10 Muharram... Vi ucapkan Happy Shaum ya semuanya.
Croissant adalah roti yang bentuknya seperti bulan sabit, berlapis-lapis (flaky bread) dan berasal dari Perancis, termasuk jenis pastry-pastry an. Dinegara asalnya Croissant biasanya dimakan sebagai hidangan sarapan, disajikan dengan olesan butter atau selai.
Ini adalah kali kedua aku membuat Croissant, yang pertama  bikin beberapa waktu lalu dan amat sangat tidak rapi ... ya udah lewat aja, ga usah dipoto-poto  dan ga usah diceritakan, hihii. Yang kali ini pun sebenarnya juga masih kurang rapi menurutku tapi masih lebih cantik dari yang pertama kali bikin dan ga beda-beda jauhlah sama yang dijual dibakery-bakery, hehee...
Resepnya dari Buku Sedap ya... yuk langsung resep aja :)

CROISSANT

Bahan :

500gr Tepung terigu protein tinggi
50gr Maizena
25gr Susu bubuk
50gr Gula pasir
1 bungkus Ragi instan
2btr Telur
225cc Air es
1/2sdt Garam
250gr Pastry margarin

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, gula, maizena, susu dan ragi hingga rata. Tuang air es sedikit demi sedikit, tambahkan garam. Uleni hingga rata. Diamkan 20 menit dalam kulkas.

2. Giling adonan memanjang tipis, letakkan pastry margarin ditengah-tengah adonan kemudian lipat adonan hingga pastri margarin tertutup rapat. Giling lagi adonan memanjang kemudian lipat bagian atas ketengah dan bagian bawah kearah tengah juga (lipatan single).

3. Giling lagi memanjang, lipat single lagi. Istirahatkan dalam lemari es 15 menit. Setelah 15 menit giling lagi memanjang dan lakukan lipatan single sekali lagi. Diamkan lagi 15 menit didalam lemari es.

4. Giling adonan memanjang kemudian potong-potong (yang ini ukurannya aku kira-kira aja karena cari-cari penggaris ga ketemu, duhh ...) dari potongan segitiga sama kaki ... belah sedikit bagian bawahnya kemudian gulung dan rapikan. Lakukan hingga semua tergulung. Diamkan 30 menit hingga mengembang.

5. Oles dengan kuning telur kemudian oven dengan suhu 200 derajat celcius hingga matang.

Waktu aku bikin ini ... aku mengganti pastry margarin dengan margarin. Sebenarnya hanya coba-coba aja karena aku penasaran pengen tau bedanya jika menggunakan pastry margarin dan margarin. Hasilnya tetep berlapis-lapis siiih hanya karena disini lagi panas banget jadi agak kewalahan dengan margarin yang cepet lumer ketika digiling padahal udah dimasukan lemari es lho mungkin karena saking panasnya yaa.. biasalah.. bukan Proling kalo ga panas ... iya kan ?? hihii




Kalo biasanya makan croissant nunggu beli dan harus ke Surabaya ato Malang sekarang ada seloyang croissant dihadapanku dan itu sesuatu banget ... yang pasti seneng banget bisa bikin sendiri hihii. Oiya ... ini hasil poto sore hari, udah lama banget ga gelar studio odong-odong disore hari, hihiii masih tetep didapur hehee seperti biasa... dapur yang merangkap jadi studio dadakan :D

Okey... Selamat beraktifitas kamis, selamat menikmati Muharram hari ke 10, barokallahu fiikum ...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 08:15:00

0 komentar:

Post a Comment

.