LUMPUR SURGA KHAS BANJAR

Posted by



Bismillah...

Bahwa Indonesia kaya akan jajanan tradisional itu emang benar adanya. Masing-masing daerah punya jajanan yang khas. Dan semua layak untuk dicoba. Seperti kue Lumpur Surga ini... konon ceritanya ini adalah kue khas Banjar. Pertama liat bentuknya aja udah langsung pengen bikin... kebayang lembut dan legitnya. Dan warna hijaunya bener-bener dari daun pandan suji yang dihaluskan kemudian diperas dan diambl airnya. 

Waktu pulang ke Tempeh beberapa waktu lalu di niati minta kelapa sengaja mo bikin kue ini hahaa... kenapa harus minta kelapa ? kenapa kok ga beli aja... karena dirumahku selalu berlimpah buah kelapa hihii..
Marut sebutir kelapa itu sesuatu banget lho jeeeenng... tapi gapapa udah sebanding dengan rasa kuenya. Untuk air pandannya... didepan rumahku ada pohon pandan suji, klo daun sujinya aku blender yaa... udah capek marut kelapa jadi males mo numbuk-numbuk daun sujinya, hihiii
Baiklah .. langsung resep aja yaa... ehh aku lupa ini resepnya sapa yaa, hampir semua resep di cookpad sama deh. Bagi yang merasa punya resep, makasih banyak yaaa ^^ 

LUMPUR SURGA

Lapisan hijau :

3btr Telur
10sdm Gula pasir (aku pake 8 aja)
2sdm Tepung terigu
125cc Santan
125cc Air pandan

Lapisan putih :

400cc Santan
1sdm Tepung beras
1sdm Tepung Maizena
2sdm Gula pasir
1/4 - 1/2 sdt Garam

Cara membuat :

1. Campur bahan untuk lapisan hijau, aduk rata hingga gula larut. Saring kemudian tuang di alumunium foil atau pinggan tahan panas. Kukus kurang lebih 10 menit dalam dandang yang udah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang.

2. Lapisan putih, campur semua bahan lapisan putih. Aduk rata.. kemudian tuang diatas adonan hijau tadi, kukus kembali kurang lebih 10 menit.

3. JIka udah matang, keluarkan dari kukusan biarkan dingin atau bisa juga dimasukin lemari. Dinikmati dingin lebih enak.




Gimana ? gampang kan cara bikinnya ? Oiya... klo mau dipoto-poto... tunggu kue udah bener-bener dingin yaa, jadi lapisan putih dan hijaunya kliatan cantik... jangan kayak punyaku, udah ga sabaran mo dibuat sarapan ketika lapisan putihnya blom set udah dipoto... jadinya malah meleleh. Sebenarnya siih yang meleleh itu justru yang enak lho tapi untuk poto-poto jadi kurang cantik aja... 
Hmm... rasanya enak banget, recomended banget untuk dicoba, dibuat bakulan buat isian snackbox juga ok, bikinnya juga gampang, anti gagal pula. Oiya... klo kalian ga punya daun suji bisa pake pasta pandan, jadi kalian butuh 250cc santan plus pasta pandan, begitu...

Okey... semoga hari kalian menyenangkan. Aku tak melanjutkan maem Kue lumpur surga ini yaaa... nyaamm nomnom ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 08:48:00

2 komentar:

  1. apa kabar mbakyuuuuuu....

    aku rindu berat. Perasaan jarang ketemu ya kita di dunmay, hihihi...

    Itu kue lumpur, sudah lama menyimpan resepnya sampai sekarang kok gak segera bikin ya diriku ini hihihhi... jadi ngeces bayangin makan kue lumpur dingi dari kulkas, yummmyy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbakyu Rina Audie ... kabarku alhamdulillah baik2 aja, I miss you badly mbakyuu peluk-peluukk... bukan jarang ketemu lagi tapi udah amat sangat lama kita ga jumpa. Blog ku sampe bulukan mbakyu gr2 ga pernah update, hikz...
      Gimana kabarmu ? pasti blog mu tambah rame yaa..

      Kok aku merasa bahwa akulah orang yang terakhir yang bikin Lumpur Surga ini karena saking kudetnya aku.. ehh ternyata masih ada dirimu tooh... hihii ayo bikin, enak pake banget ini mbakyu... ^^

      Delete

.