KILLER SOFT BREAD

Posted by



Bismillah ...

Roti adalah makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan air yang difenmentasikan tapi ada juga yang tidak difermentasikan. Bahan tambahan laiinya adalah susu, telur dan margarin supaya roti menjadi lebih lembut. Di sebagian negara roti termasuk sebagai makanan utama penduduknya.

Kali ini aku bikin Killer Soft Bread punya Victoria Bake yang heboh dimana-mana... karena baca dari beberapa testi tentang kelembutan roti ini. Oiya .. sebenarnya ini kali kedua aku bikin pake resep ini tapi yang ke poto baru yang ini.
Duluuu... waktu aku masih kecil yang bisa bikin rerotian hanya orang-orang China aja, aku ingat dulu punya temen sekolah orang China (sampai detik ini aku akrab banget sama dia) mamanya pinter banget bikin roti. Dirumahnya ... yang kebetulan sebuah toko dipasar Tempeh ... beliau jualan bahan-bahan kue dan kue-kue buatan beliau. Punya oven besar... duhh pada jaman itu liat oven besar udah kayak gimana gitu hihiii.. oiya bagi warga sekitar ( termasuk umikku ) yang mau manggangkan kue bisa juga disana... biasanya yang dipanggang disana tuh kue wingko karena karena lamaaa proses pematangannya ... klo pake otang akan semakin lama lah. Ntah berapa biayanya waktu itu untuk seloyang wingko.

Dan untuk aku... bisa bikin roti tuh udah sesuatu banget deh. Pokoknya bahagia poll hihiii apalagi bisa bikin lembuuuttt kayak di bakery-bakery terkenal. Pada dasarnya aku sih seneng bikin apa aja dan doyan kue apa aja haha... tapi klo rerotian tuh kan proses ngulennya lama... karena aku ga punya mikser roti hikz hikz... jadi klo mo bikin roti ya harus ngulen. Mau ga mau kan... terus udah ngulen capek-capek liat hasilnya cantik kan bahagia banget tuh hihiii

KILLER SOFT BREAD

Bahan :

260gr Tepung terigu protein tinggi (vi pake cakra)
3gr Fermipan
1 btr Telur ditambah susu cair hingga 180 cc
30gr Gula pasir
2gr Garam
30gr Butter / margarin

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Kemudian tuang campuran susu dan telur sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan butter ato margarin. Uleni hingga kalis elastis.

2. Bulatkan adonan, letakkan dalam wadah yang udah dioles minyak goreng. Tutup dengan plastik, kemudian diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.

3. Kempiskan adonan, uleni sekali lagi sebentar aja kemudian bagi adonan sesuai selera dan tata diloyang. Istirahatkan lagi hingga mengembang.

4. Panggang roti dengan suhu 170 derajat celcius hingga matang.

5. Setealah matang oles permukaan roti dengan buttter (ketika kue masih panas ya).

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan roti adalah jika roti yang sudah matang tapi masih bau ragi berarti proses ngulennya kurang kalis elastis atau bisa juga kurangnya waktu fermentasi.




Dan hasilnya lembut banget, seratnya juga rapi banget. Hmm... liat tuh di gambarnya. Cantik kan seratnya. Bagi yang pengen... bikin yuk, jangan takut gagal. Ikuti aja step by stepnya ato bisa juga liat di youtube gimana cara mengulen roti. Klo punya mikser roti dirumah,, wah malah lebih keren lagi. Dan akan tambah keren jika aku boleh pinjem... hahaa..

Baiklah... Selamat hari Senin, yang lagi shaum ... selamat shaum,
Happy baking Mommies ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 05:19:00

0 komentar:

Post a Comment

.