ES PISANG HIJAU

Posted by


Bismillah ...

Konon ceritanya Es Pisang Hijau ini berasal dari Sulawesi. Pisang hijaunya terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau. Untuk warna hijaunya terbuat air daun suji. Akhir-akhir ini banyak sekali penjual Es Pisang hijau tapi klo kita bisa buat sendiri dirumah tentu akan sangat menyenangkan, hmm.. 
Sekali waktu bolehlah beliii... jika terasa penat didapur ga ada salahnya kan jika menikmati kudapan yang langsung hap.. heheee .. Seperti aku... beli hayuuukk... bikin juga hayuk aja hehee... dalam artian emang vivi doyan makan hihiii... begitulah kira-kira.
Eiits.. jangan salah yaa... kadaaaang orang-orang kayak aku nih butuh beli sesuatu (kue misalnya) bukan berarti kita doyan apa-apa tapiii hanya ingin merasakan lebih sreg (dirasa ya) yang mana ... antara yang beli dengan yang bikin sendiri ... haduuuhh vv cari pembenaran diri sendiri aja, asline doyan makan, udah titik !! hahaa 

ES PISANG HIJAU

Bahan kulit pisang :
100gr Tepung beras
1sdt Tepung sagu
25gr Gula pasir
200cc Santan (aku blender dengan 10 lembar daun suji)
Sedikit garam
Pisang  secukupnya (aku pake pisang kepok)

Bahan bubur :
30gr Tepung beras
25gr Gula pasir
300cc Santan
1/4sdt Garam
1lbr Daun pandan

Pelengkap : sirup cocopandan dan es batu secukupnya

Cara membuat :

1. Kulit pisang hijau : campur semua bahan, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga menjadi bubur. Ambil adonan secukupnya, balutkan pada pisang hingga pisang tertutup adonan. Letakkan diatas daun pisang atau plastik. Kukus hingga matang.

2. Bubur putihnya : Campur semua bahan, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga menjadi bubur.

3. Cara penyajian : letakkan bubur di mangkok saji. Potong-potong pisangnya, kemudian letakkan diatas bubur. Tambahkan sirup dan es batu. 

** jika kalian ingin bikin lebih banyak silahkan tambah bahan-bahan kelipatannya sesuai resep. 





Critanya lagi gemes liat pohon suji yang rimbun didepan rumah, jadi pengennya bikin apa-apa yang ada air sujinya hihii
Oiya... Gampang kan bikinnya ...bikin yuuukk daripada beli lhoo. Kalo kalian ingin lebih praktis santannya bisa pake santan instan  dan air sujinya bisa pake pasta pandan.

Okey deh... selamat istirahat siang semua ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 11:41:00

4 komentar:

  1. Cantik, Mbak. Walau menurut saya tepung hijaunya kebanyakan.

    Oh iya, Mbak Vivi buat Bikang Mawar gelasnya ukuran berapa ml, Mbak. Mohon jawabannya. Terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu menggunakan gelas belimbing mbak, 250cc.

      Delete
    2. Terimakasih banyak, Mbak.

      Delete
    3. sama-sama mbak, semoga bermanfaat ^^

      Delete

.