CAKE REMPAH (BUTTER CAKE METHODE)

Posted by



Bismillah...

Cake Rempah... cake yang tidak membosankan aku rasa. Wangi rempahnya dan legitnya gula palem selalu bikin kangen. Warna coklatnya itu berasal dari gula palem, aku campur gula pasir siih supaya warna cakenya ga terlalu pekat. Mungkin ini salah satu cake jadul yang selalu dihati, terutama dihatiku walopun aku blom termasuk jadul banget.. hehee

Ada yang menyebutnya Onbijkoek Cake, yaitu cake rempah yang berasal dari Belanda. Biasanya hadir sebagai menu sarapan. Untuk rempahnya terdiri dari campuran kayu manis, kapulaga, cengkeh dan pala yang dihalukskan. Dulu pernah diajari bikin rempahnya tuh sama sodara tapi karena di sini banyak yang jual aku jadi males untuk bikin, mending beli aja hehee.
Oiya... kalo biasanya Cake rempah itu dengan sponge cake methode kali ini aku bikin dengan butter cake methode. 

CAKE REMPAH

Bahan :
150gr Margarin
75gr Gula palem
75gr Gula pasir
4btr Telur
150gr Tepung terigu
1/4sdt Baking powder
2sdt Bumbu onbijkoek
Kenari cincang secukupnya

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 22x9x6cm, alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan. Ayak tepung terigu, bumbu onbijkoek dan baking powder, sishkan.

2. Kocok margarin, gula pasir dan gula palem hingga lembut. Masukkan telur satu persatu, kocok hingga lembut. Kecilkan kecepatan mikser kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang. Tabur kenari cincang kemudian panggang hingga matang.





Waktu manggang tadi pagi wangi rempahnya hmmm serumah deh, lha gimana ga serumah lhawong rumahnya hanya sekotak hihiii... lebay aja siih hihii.. Kalo menggunakan butter cake methode cakenya cenderung padat tapi lembut dan lebih terasa rasa margarinnya... klo pake butter pasti rasanya lebih mantap. Aku suka banget tapi kembali ke selera masing-masing yaa... kalo aku sih semua jenis cake sukaaaa dan semua orang tau itu... terutama Mas Fitri hahaa... 
Baiklah... Selamat Soreeee, selamat malam Senin ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 17:18:00

0 komentar:

Post a Comment

.