BUBUR SUMSUM

Posted by



Bismillah ...

Tepung beras adalah tepung yang terbuat dari beras yang ditumbuk atau digiling. Beda dengan pati beras, kalau pati beras dibuat dengan cara merendam beras terlebih dahulu dalam air alkali.  Karena tidak mengandung gluten tepung beras bisa menggantikan tepung gandum, biasanya untuk penderita intoleransi gluten.

Banyak sekali variasi jajan pasar atau jajan tradisional yang menggunakan tepung beras, tidak hanya dipulau Jawa... di luar Jawa pun demikian. Dulu waktu aku masih kecil tiap kali ada hajatan selalu membuat tepung beras sendiri dengan cara merendam beras kemudian ditiriskan, setelah tiris baru ditumbuk atau di giling. Bahkan sampe sekarang kebiasaan ini masih ada walopun sekarang udah ada tepung beras yang siap pakai. Beberapa orang dirumahku terutama yang sepuh-sepuh masih ga sreg dengan tepung beras yang siap pakai. 

Kali ini bikin yang simpel-simpel aja yuk dari tepung beras, Bubur Sumsum hmm

BUBUR SUMSUM

100gr tepung beras Rosebrand
600cc Santan
1sdt Garam
1lmbr Daun pandan

Cara membuat :

Campur semua bahan jadi satu, aduk rata. Kemudian masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup.

SIRUP GULA MERAH

Bahan :

250gr Gula merah
250cc air
1lbr daun pandan
2lbr daun jeruk

Cara membuat : rebus semua bahan hingga gula larut, kemudian saring.




Gampang kan bikinnya ?? yang biasanya suka beli sekali-kali coba dong bikin sendiri. Bisa juga ditambah potongan nangka tuh ... hmm tambah endes. Atau bisa juga ditambah bubur mutiara kayak yang dijual-jual tuh. aahh... tergantung selera aja deh, hihiii...
Hmm... hari ini masak apa yaa... yang berbau daging-daging kah ? karena masih suasana Idul Adha nih. 
Happy Cooking Mom ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 05:30:00

0 komentar:

Post a Comment

.