BUBUR AYAM

Posted by



Bismillah... 
Bubur adalah salah satu jenis makanan di Indonesia. Ada bubur yang manis ada juga bubur yang gurih. Bubur yang gurih adalah bubur ayam. Buburnya terbuat dari beras yang dimasak dengan air yang banyak hingga beras menjadi hancur dan lembek. Bubur mempunyai tekstur lembut dan berair. Biasanya bubur disajikan dalam keadaan panas. 

Sebenarnya ini udah yang kesekian kalinya aku bikin bubur ayam, biasanya klo aku bikin airnya aku ganti dengan santan encer. Dengan menggunakan santan buburnya akan semakin gurih. Baru kali ini bikin bubur pake air hehee... tetep enak juga  siiih hanya ga segurih kalo pake santan

Kuah Kuning

Bahan :
Separuh dada ayam
1 bh Daun bawang, iiris kasar
2 lbr Daun jeruk
1 batang Sere, geprek
1ltr air

Bumbu yang dihaluskan :
3 siung Bawang putih
5 btr Bawang merah
1/2 sdt Merica bubuk
1 ruas kunyit
2 btr Kemiri sangrai
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan sere. Tambahkan air  dan daging ayam. Masak hingga daging ayam empuk. Terakhir tambahkan garam dan daun bawang. Angkat daging ayamnya kemudian suwir-suwir, jika pengen daging ayam yang agak kering, daging ayam digoreng dulu kemudian disuwir-suwir.


Sate Telur Puyuh

Bahan :
25 butir Telur puyuh, rebus dan kupas
1 cm Lengkuas, geprek
3 siung bawang putih haluskan
2 lbr daun salam
3 sdm Kecap manis
Garam dan gula secukupnya (boleh pake gula merah)
Tusuk sate secukupnya

Cara membuat :

Campur semua bahan tambahkan air secukupnya, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan air menyusut. Tes rasa dan biarkan dingin, kemudian tusuk dengan tusukan sate.

Bubur beras

100gr Beras (yang sudah dicuci bersih)
1ltr Air (atau sesuaikan dengan kepulenan beras)
2lbr Daun salam
Garam secukupnya


Cara membuat

Campur semua bahan, masak hingga menjadi bubur. Jangan lupa untuk diaduk-aduk ya biar ga gosong.

Pelengkap : krupuk, telur dadar, abon, bawang merah goreng, daun bawang iris halus.

Sajikan bubur ayam dalam keadaan panas beserta pelengkapnya.




Udah pernah masak bubur ?? atau selama ini hanya beli aja.. sekali waktu ga ada salahnya lho coba bikin sendiri dirumah untuk orang-orang tercinta. Kalo bikin sendiri pelengkap bisa meneyesuaikan selera keluarga.. agak ribet siih... karena banyak yang harus dibikin tapiii setelah jadi pasti lupa deh ribetnya, hehee... apalagi dapat pujian dari orang-orang tercinta duhh.. semakin lupa deh semua ribet-ribetnya... yang ada hanya bahagia hihiii

Happy Cooking Moms ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 05:54:00

0 komentar:

Post a Comment

.