BANANA PUFF PASTRY

Posted by



Bismillah ...

Puff pastry adalah adonan pastry yang tanpa ragi. Berbentuk daugh yang dibikin berlapis-lapis menggunakan lemak pastry. Dan biasanya adonannya tidak manis. Teksturnya beremah dan berlipat-lipat.
Bikinnya butuh kesabaran karena untuk mendapatkan adonan yang berlapis-lapis maka adonan harus dilipat dan ditipiskan berulang. Biasanya klo kita mampir ke toko-toko kue... puff pastry tampil dalam berbagai bentuk ... dari yang diisi coklat, keju, pisang, vla dll.
Kali ini aku bikin yang diisi pisang, karena punya banyak pisang bawa dari Lumajang.

PUFF PASTRY

Bahan :
500gr Tepung terigu (segitiga)
1btr Telur
1/2sdt Garam
200cc Air
50gr Margarin
250gr Lemak lipat/korsvet

Cara membuat :

1. Campur semua bahan, tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis. Kemudian istirahatkan 10-15 menit.

2. Gilas adonan memanjang setebal 1cm. Tandai menjadi 3 bagian. Oles atau tata lemat lipat pada 2/3 bagian secara merata. Sepertiga bagian yang tidak dioles lemak ..lipat ke bagian tengah ke arah yang ada lemaknya. Dan sepertiga adonan yang berlemak lipat juga ke arah tengah menutup adonan yang tadi. Sehingga adonan jadi saling menutupi.

3. Letakkan adonan pada lemari es kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, gilas adonan dan lipat 3 bagian seperti tadi. Lakukan hal ini hingga 3 kali. Kemudian lipat adoan menjadi 2 dan diamkan selama 30 menit.

4. Adonan siap dibentuk.

Sebenarnya adonan ini aku bikinnya udah kurang lebih 2 bulan yang lalu. Maksud hati mo tak pake bikin zuppa untuk Ara Tia waktu liburan kemarin tapi sibuk kesana kemari akhirnya ga jadi bikin sampe mereka balik lagi ke asrama. Dan adonan ini aku bekukan di freezer dalam keadaan tertutup rapat. Setelah 2 bulan di freezer adonan baik-baik aja dan rasanya juga ga berubah. Untuk para bakuler kayaknya ini bisa jadi alternatif isian snackbox... dengan adonan kulit yang bisa disimpan di freezer jadi bisa menghemat waktu kan. Bisa simpan kulitnya dulu baru akan diisi ketika akan digunakan. Selama dalam keadaan beku aku rasa adonan akan baik-baik aja walopun disimpan lama.




Daaann... bagi kalian yang males bikin .. ada tuh kulit puff pastry yang dijual di Supermarket2 besar tapiiii akan lebih membahagiakan klo bisa bikin sendiri. Ayo bikin deh.. hehee biar tau bahagianya bisa bikin kulit puff pastry sendiri.
Happy baking Mommies ^^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Jajane Vivi Updated at: 06:25:00

0 komentar:

Post a Comment

.