Friday, 6 October 2017

ROTI ISI PISANG



Bismillah ...

Penggemar rerotian mana suaranya .. hahaaa
Waktu itu mas Fitri mau ke Jakarta, aku bangun jam 2 pagi nyiapin sarapannya (sarapan kah ? bukanlaah yaa... lebih ke nyiapin sesuatu pengganti sarapan karena masih pagi buta hihiii). Kenapa harus pagi-pai sekali karena pesawat berangkat jam setengah 6 pagi, sementara jarak dari Probolinggo-Surabaya kurang lebih 3 jam an dan harus ada sedikit waktu sebelum berangkat biar ga keburu-buru di bandaranya, hmm kalian-kalian yang jauh disana yang blom pernah tau Probolinggo bisa dibayangkan yaa... seberapa jauh dari Surabaya ke Probolinggo. Ehhh... Proboliinggo tuh asik lho, biarpun aku ga lahir disini tapi udah lumayan lama lah aku tinggal disini. Pengen tau pasir berbisiknya Gunung Bromo atau Kuda Cipta Wilaha nya BJBR atau nyobain snorkling di Pulau Gili atau amazingnya air terjun Madakaripura... datang lah ke Probolinggo...hahaa vivi promooooo ?? tidaklaaah ... hanya kasih tau aja hemm ^^

Baiklah kembali ke roti yaaa... aku yakin kalian udah pada mahir bikin roti dan hasilnya jauh lebih sempurna dari yang aku bikin ini. Pada dasarnya roti adalah adonan tepung yang difermentasikan dengan menggunakan ragi tapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Dinegara tertentu kehadirannya dianggap penting sekali karena roti adalah makanan pokok. Daaan beda klo disini roti dianggap cemilan lho apalagi roti manis yang ada isiannya...klo roti tawar masih banyaklah yang digunakan untuk sarapan sebagai pengganti karbohidrat. Karena sebagian orang di Indonesia blom merasa makan klo blom makan nasi hahaa...begitulah kira-kira. Dan itu juga terjadi pada "lelakiku" ... dia adalah penggemar roti tapi menurut dia roti tidak bisa menggantikan nasi jadiiii klo pun dia udah maem roti 3 biji klo blom maem nasi yang ada dipikirannya ya blom makan dan masih nyari nasi. Yasudahlah... memang begitu adanya hahaa
Sebenarnya bikin roti tuh ga susah kok, yang susah itu ngulennya harus sampai kalis elastis... ini wajib yaa karena kalo enggak sampai kalis elastis adonan roti akan keras dan pernah tau kan ada roti yang masih bau ragi banget ... ?? itu dikarenakan kurang ngulennya. Pokoknya klo mo bikin roti siapin tenaga untuk ngulennya,anggap aja fitness eeyyy... hehee tapi klo kalian punya mikser yang bisa untuk mengulen itu lebih bagus lagi, kapan-kapan aku pinjem yaa... karena aku ga punya hihiii... gara-gara ga punya itu aku klo bikin rerotian aku ulen pake food processor ... bikinnya ga pernah banyak, wong yang makan juga ga banyak... klo banyak-banyak ngulennya jebol food processorku hahaa.. 
Kali ini resep diadaptasi dari Sajian Sedap... oiya ada beberapa resep roti disini karena pada dasarnya aku penggemar berat rerotian jika kalian ingin coba-coba silahkan cari resepnya disini.

ROTI ISI PISANG 

Bahan :

400gr Tepung terigu protein tinggi
15gr Susu bubuk
75gr Gula pasir
2sdt Ragi/fermipan
1btr Telur
165cc Air
50gr Margarin
1/2sdt Garam
Pisang rebus secukupnya
Susu cair secukupnya untuk olesan
Keju parut secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula hingga rata. Tambahkan telur, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni hingga elastis. 

2. Bulatkan adonan kemudian letakkan dalam wadah, tutup plastik dan diamkan selama 30 menit. Kempiskan adonan. Timbang adonan masing-masin 50gr, bulatkan. Diamkan kembali selama 10 menit.

3. Tipiskan adonan memanjang, letakkan pisang pada salah satu sisinya.  Kerat-kerat tidak putus adonan pada sisi yang lain kemudian gulung. Rapikan dan rekatkan sambungannya. Letakan diloyang yang sudah dioles margarin.

4. Diamkan selama kurang lebih 60 menit atau hingga mengembang 2kali lipat. Oles dengan susu cair, kemudian tabur keju. Panggang dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang.

Fungsi garam pada adonan Roti :
1. Memberikan aroma dan rasa
2. Mengatur kadar peragian
3. Memperkuat gluten (protein terigu yang berperan dalam pembentukan tekstur roti)
4. Memberi warna pada bagian dalam roti.



Mudah kan bikinnyaa... ?? tak kasih tau yaaa... membuat roti sendiri itu jaaaaauuh lebih puas, percaya deh hihiii. Gimanaaa... berani mencoba kaaan... siap-siap banting-banting adonan roti hahaaa
Satu resep adonan bisa diisi macam-macam lhoo... seperti sosis, keju, coklat dll... haiyooo pengen bikin kaaan hihiii... Sekali bikin pasti nagih deh, kayak aku hahaa..

Happy  Baking Moms ^^

4 comments:

  1. Kalau besok-besok saya ke Probolinggo, saya tinggal di rumah mba Vivi aja ya. Trus dibikinin roti-rotian. Heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Imah .....
      siippp ... aku tunggu dengan senang hati ^^

      Delete
  2. Promosinya mba Vivi mantap yess, bikin aq tertarik pengen ke Probolinggo hihi...

    Rotinya keliatan enak tuh. Comot ahh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa.... horeee, berhasil berhasiill :-D klo ke Proling mampir rumahku yaaa ...
      silahkan ambil rotinya mbak hemm.. ^^

      Delete